Tempat main air di sekitar Bandung

10:15:00 pm

Saya termasuk yang percaya kalau anak sejatinya sangat menyukai dan mudah beradaptasi dengan alam bebas. Beberapa artikel yang saya baca menyebutkan bahwa ketika anak-anak berhubungan secara rutin dengan alam, mereka akan mengalami dampak positif dalam hal sosial, psikologi, akademik, dan kesehatan fisik. Kalau yang paling saya rasakan, alam terbuka mengajarkan anak banyak hal, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah, pun menguatkan rasa percaya dan melatih syukur pada Pencipta.

Selain alam terbuka, ada satu hal lagi yang sudah tentu jadi favorit anak-anak, apalagi kalau bukan Air! Anak-anak dan air memang seperti paket komplit, hampir tidak ada anak yang tidak suka main air. Nah, double combo, kali ini saya punya rekomendasi tempat main air di alam terbuka yang ramah anak dan berlokasi di sekitar Bandung. 

Taman Wisata Alam Gunung Puntang, Ciwidey (Maret, 2018)

Gunung Puntang yang berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan. Perjalan ke Ciwidey bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 90 menit. Tol Soroja sepanjang 15 km yang mulai dioperasikan sejak akhir 2017 lalu memang sukses mempersingkat waktu tempuh Bandung - Soreang. Gunung Puntang sekaligus juga dikenal sebagai kawasan Taman Wisata Alam dan Bumi Perkemahan, akses jalan menuju ke sini sudah ramah sekali untuk kendaraan kecil. Tiket masuknya hanya sebesar 15.000 rupiah perorang, ditambah 10.000 untuk retribusi kendaraan roda empat. Karena sudah jadi tempat wisata populer, di kawasan ini sudah banyak warung makanan yang menawarkan ragam pilihan makanan, perbekalan minim-pun tidak masalah. Tapi jadi agak tricky untuk menemukan tempat yang adem. Kalau saya dan Pak Ery, memilih hiking sekitar 15 menit utuk bisa mendapatkan lokasi pinggir sungai yang tenang dan tidak ramai. 

Perkebunan Teh Ranca Cangkuang, Gambung (Januari, 2017)

Nah, ini adalah salah satu tempat favorit kami untuk pergi berkemah. Karena apa? karena untuk sampai ke lokasi berkemah yang sekaligus ada pinggir sungai tidak perlu susah payah berjalan kaki hahahahaha. Berlokasi di tengah perkebunan teh Gambung, Ranca Cangkuang juga merupakan kawasan Bumi Perkemahan, meskipun belum sepopuler Gunung Puntang. Tiket masuknya murah meriah, 10.000 per orang, juga untuk kendaraan roda empat. Hanya saja untuk sampai ke kawasan ini, mobil-mobil kecil tidak disarankan karena kondisi jalan yang berbatu besar khas perkebunan teh. Oh iya, tidak seperti kawasan sungai-sungai lain yang rimbun dengan pepohonan besar, Ranca Cangkuang lebih mirip padang rumput, luas dan cenderung datar. Jadi kalau berkesempatan main ke sini, jangan lupa membawa bola untuk berkejaran sepuasnya. 


Curug Mandala, Subang (Februari, 2016)

Curug Mandala adalah sungai tempat pertama kami kami mengajak Pagi bermain air, saat usianya belum genap 2 tahun, lalu mengulang berkemah di lokasi yang sama saat Ia tepat berumur 3, bersamaan dengan usia kandungan Aksara 8 bulan. Berlokasi di kampung Panaruban, Curug Mandala bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 120 menit dari kota Bandung. Sama seperti Ranca Cangkuang, lokasi yang tersembunyi dengan akses masuk tidak untuk semua jenis kendaraan, membuat Curug Mandala tidak ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini jadi favorit karena sungainya yang landai dan airnya yang tenang, anak-anak dijamin betah berlama-lama "berkubang" disini.

Dari ketiga tempat di atas, Gunung Puntang adalah tempat yang belum pernah kami kunjungi untuk bermalam/berkemah. Sebagai keluarga yang tidak terlalu menyukai keramaian, dua lokasi lainnya (meskipun dengan akses masuk yang sulit) justru jadi lokasi favorit kami untuk berkemah. Adakah teman-teman yang sudah mengunjungi salah satu tempat ini? atau punya rekomendasi sungai lain di sekitar Bandung yang bisa kami kunjungi?

You Might Also Like

5 comments