mengartikan Pagi dan Aksara

9:38:00 pm

rasanya saya sudah pernah menulis tentang arti nama dua anak kecil yang sekarang memeriahkan isi rumah kami. tapi karena satu minggu satu cerita kali ini menentukan tema arti sebuah nama untuk tulisan minggu ini, tidak ada salahnya untuk mengulang kembali ceritanya. jadi setelah satu tahun usia pernikahan kami, awal tahun 2013, kami kedatangan anggota keluarga baru. bayi perempuan kecil yang kami beri nama Pagi, ia lahir dalam segala pengalaman pertama pun ketidaktauan saya tentang menjadi ibu. setelah melahirkan lalu apa dan bagaimana? kala itu satu-satunya yang saya tau dengan pasti, saya dan tentu saja pak ery harus memberi nama yang indah. sejujurnya saat itu kami sama sekali bukan mencari nama unik, atau tidak umum. justru kami hanya berbekal keyakinan bahwa nama adalah sebaik-baik hal pertama yang bisa kita berikan pada anak (anak).

tepat di hari ke tujuh setelah kelahiran, kami memberi nama Gauri Binaring Pagi. tidak sedikit orang yang heran, kemudian bertanya kenapa kami memberi nama Pagi? sebagian besar menebak sebelum kami benar memberi penjelasan "pasti lahirnya pagi ya.." dan sayangnya bukan itu jawabannya. Pagi memang tidak lahir di pagi hari, dia bahkan lahir disaat matahari sedang ada di puncak tertinggi. nama pagi ada karena saya dan pak ery menyukai pagi hari, yang merupakan satu dari sedikit kesamaan saya dan pak ery. saya senang memanggil pagi dengan dua kata pada namanya, Binaring Pagi. artinya pagi yang bersinar. Gauri yang menjadi nama depannya mempunyai arti menenangkan. kalau sering memperhatikan waktu selepas subuh ketika belum banyak orang beraktifitas, saat matahari perlahan mulai naik dan memberi terang, seperti itulah Pagi yang kami maksud. Pagi yang bersinar terang dan menenangkan.

singkat cerita, Aksara lahir berselang tiga tahun usia Pagi, Aksara lahir di bulan yang sama dengan kakaknya. kami memilih memberi nama aksara juga dengan alasan yang sederhana. saya senang menulis, meskipun tidak menjadikan menulis sebagai pekerjaan seperti yang dilakukan pak ery. buat saya merangkai aksara menjadi kata, kata menjadi kalimat yang membentuk cerita untuk kemudian dibaca ulang dikemudian hari merupakan satu hal yang membahagiakan. nama depannya, Sena, mempunyai arti bercahaya. Kinnaur diambil dari nama Kinnaur Kailash, salah satu puncak tertinggi di pegunungan himalaya, belakangan kami baru mengetahui bahwa ada sebuah desa dengan sungai jernih berwarna kehijauan di kaki gunung himalaya yang bernama Kinnaur District. sejak itu, kami selalu menyelipkan doa semoga suatu hari bisa mengajak Aksara mengunjungi desa kecil yang kami jadikan nama tengahnya.

oh iya, meskipun keseluruhan nama Pagi dan Aksara memiliki makna yang sama, sejak kecil, karakter Pagi dan Aksara sudah terlihat jauh berbeda. Pagi sangat ekspresif, ia terbiasa mengeluarkan dan mengungkapkan isi hati dengan bercerita, tertawa dan menangis jika dirasa perlu. Aksara lebih santai, sedikit bicara banyak bekerja. asal kenyang, tidur cukup dan banyak wilayah yang diijinkan untuk dijelajahi, maka ia menganggap tidak ada lagi yang perlu dipermasalahkan di dunia ini hahahaha. secara tidak sengaja, Gauri Binaring Pagi dan Sena Kinnaur Aksara memang memiliki makna nama yang sama. sama-sama bercahaya dan memberi ketenangan seperti puncak gunung. dan karena nama adalah bagian dari doa, saya dan pak ery punya harapan yang sama besar untuk mereka, untuk Pagi dan Aksara dua nama yang selalu hadir dan melekat dalam keseharian manusia.

You Might Also Like

7 comments

  1. Pasangan kece dan penuh inspiratif, kak aku mau jadi fans club nya dong kak~

    ReplyDelete
  2. Iyaa buajeng memang unik.... :)

    ReplyDelete
  3. Nama-nama yang keren... Plus jadi terbayang-bayang sungai yang airnya warna tosca di Himalaya sana 😋

    Tatat

    ReplyDelete