ibu gambar-gambar

Tuesday, March 21

beberapa tahun lalu, saat sedang ramai buku mewarnai untuk dewasa, seperti kebanyakan orang saya juga punya keinginan membeli salah satu dari sekian banyak buku-buku tersebut. rasanya mewarnai memang bisa jadi satu kegiatan healing yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. tapi setelah mencari dibanyak toko buku, saya tidak menemukan buku mewarnai yang gambarnya "saya banget". rata-rata buku-buku tersebut memiliki gambar yang rumit dan detail sekali. sementara selera saya benar-benar gambar simpel yang bisa diwarnai dengan sesuka hati tanpa harus memikirkan perpaduan dan kombinasi warnanya. 

lalu mulai berfikir untuk menggambar dan mewarnai sendiri, mungkin akan jauh lebih menyenangkan. berbekal satu sketchbook merk lyra dan ballpoint boxy. saya menggambar apa saja yang ada di pikiran saya. bahasa kerennya sih doodling. jadi selama berapa bulan saya doodling dan mewarnai sesuka hati. rasanya sampai habis lima ballpoint dan satu buku yang penuh dengan gambar warna-warni. tak lama setelahnya aksara lahir dengan segala keseruan dan drama ibu baru yang jadi satu. dengan sendirinya aktifitas gambar menggambar berhenti untuk sementara. kala itu tidak tau kapan bisa mulai menggambar lagi, dan memang gak terlalu kepikiran juga sih. tapi kalau penasaran seperti apa gambar yang saya buat. taddaaaa.. ini dia! yes, i'm forever kindergarten hahahahahaha.


setelah berbulan-bulan terbiasa dan "lulus" melewati masa adaptasi kelahiran aksara, saya mulai mencari "kesenangan" lagi. untuk sementara dan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, membaca buku belum bisa dimasukkan sebagai list kegiatan menyenangkan. karena saya bisa sangat lupa waktu jika sudah membaca buku. sementara jam malam sangat terbatas dan jam bangun harus dimulai sepagi mungkin. pilihan awalnya sih menjahit, mengingat stok kain yang masih mendominasi isi lemari. tapi aksara tidak seperti pagi dulu yang tetap lelap meskipun saya menjahit disebelahnya sekalipun. aksara tidak terbiasa dengan suara berisik mesin jahit. jadi demi rumah tetap aman, tentram dan terkendelai saat malam hari, saya urung melakukan kegiatan jahit-menjahit. 

sempat mencoba brush lettering karena rasanya kok ikut bahagia tiap lihat feni kuas-kuasan. tapi dicoba beberapa kali kok aku gak berbakat seperti dirimu sih fen *insert emoticon patah hati*. ditambah bukan tipe mantengin workshop, lah gimana mau workshop karena kalau bepergian akhir pekan, artinya harus sepaket dengan rombongan hore-hore; saya, pak ery, pagi dan aksara. yakali bisa workshop sambil dipanjatin aksara atau sambil disuguhi pertanyaan-pertanyaan pagi yang level mikir jawabannya melebihi soal pilihan ganda saat ujian nasional dulu. yasudah, lambaikan tangan sama huruf-huruf latin bold dan quote-able yang lucu-lucu itu.  

entah kapan mulainya, akhirnya balik lagi menggambar, tapi karena spidol masa kejayaan dulu sudah banyak yang "dikaryakan" pagi dan masih gak rela kalau harus beli lagi, akhirnya beli cat air. beli yang murah karena minim informasi, eh ternyata menyenangkan sekali. juga entah kenapa kalau menggambar pakai cat air, rasanya hasil gambarnya jadi lebih dewasa dan sesuai usia ya hahahahaha. tapi memang beneran seru deh, beberapa kali curi-curi waktu menonton video tutorial di laman youtube, supaya bisa menggambar jenis hewan, bunga dan daun lebih banyak lagi. inginnya bisa lebih konsisten, minimal bisa konsisten menggambar untuk kartu ucapan bahagia menyambut pernikahan atau kelahiran teman, atau untuk memenuhi dinding studio menjahit di rumah utara suatu hari nanti. aamiiin.



11 comments:

  1. Keren karya-karya mba Ajeng...
    Saya jg sempat beli buku gambar itu dan sekotak ponsil watna. Buat ngisi waktu, saat menunggu. Tapi lama2 buku gambar itu terasa berat.. jadi malas bawa2nya.. hiks...
    Belakangan pinsil warna saya hibahkan ke cucu saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Bu Sondha buat mengisi waktu, dan kalau saya sekaligus buat me-time :D

      Delete
  2. Ibu yg keren. Gambarnya juga bagus. Dan tak sabar liat studionya jadi 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu rumahnya jadi dulu mas, masih jauh hahahahaha..

      Delete
  3. saya juga suka Teh, gambar-gambar ngasal di sketch book, mulai dari cuma pakai pensil sampai brush lettering :)

    Salam kenal,
    Putri

    ReplyDelete
  4. Ikutan lomba mewarnai kalo begitu.... Buka ig: @nur_mia ada info lomba mewarnai ibu dan anak...

    ReplyDelete
  5. kreeenn itu kaya lihat pinterest, kak Ajeng ^^ itu di list blog punya adei link nya yang ini http://adei144.blogspot.co.id/ , yang itu lepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. whoaaa.. okay. terimakasih koreksinya :D

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS