satu tahun aksara

10:05:00 pm

tanggal 21 februari kemarin, usia aksara genap satu tahun. lalu beberapa teman menanggapi "waah, gak kerasa ya?" hahahaha.. alhamdulillah ya, kerasa bangeeeet. rasanya pengalaman pahit manis setelah satu tahun memiliki dua anak memang perlu saya ceritakan dalam satu tulisan lain. yang jelas punya dua anak membuat saya percaya happy mom happy family itu benar adanya. seorang ibu wajib bahagia, catat :p

oke, jadi apa yang sudah terjadi selama satu tahun kemarin? banyak sekali. dimulai dengan kelahiran aksara yang mendadak. proses persalinan yang cukup cepat, adaptasi psikis dan juga fisik di bulan-bulan pertama, merasakan kebahagiaan berlipat setiap melihat pagi dan aksara tumbuh bersama. tentu saja, hal ini berlaku dikala mereka sedang akur ya. kalau pagi sedang tidak mau mengalah, dan keisengan aksara sedang diatas rata-rata, rasanya ingin segera masuk kamar, tidur berselimut dan membiarkan mereka menyelesaikan persoalannya sendiri hahahahaha..

eh tapi memang sejak kecil aksara memang cenderung easy going. bayi santai banget lah, drama air mata rasanya bisa dihitung jari. meskipun tetap menangis jika ada yang tidak sesuai dengan keinginannya, atau kesal jika kami tidak mengerti benda apa yang ia inginkan, tapi biasanya yang seperti itu tidak pernah berlangsung lama. sisanya senyam-senyum, makan, main, tertawa, minum susu, tidur senyam-senyum, mandi. selagi perut kenyang, pokoknya aman dunia persilatan. bayi kecil ini semacam punya prinsip keep it simple, make it easy. 

aksara sudah terlihat suka makan sejak usianya belum genap enam bulan. wajar saja, mengingat pagi, kakaknya baik hati sekali. saya ingat dulu saat aksara belum bisa duduk sendiri, pagi dengan gembira bercerita kalau dia baru saja menyuapi aksara dengan kue ape kesukaannya, dan ia merasa pantas bahagia karena ternyata aksara juga suka. saat itu saya hanya bisa tersenyum getir dan berdoa semoga keesokan harinya aksara baik-baik saja hahahaha. karena percuma berdebat soal ini dengan pagi yang meyakini jika ia punya sesuatu yang bisa dibagi, maka harus dibagi.

oh iya, aksara punya jam tidur yang panjaaaang. ya ampun, ini sungguh meringankan deh. terimakasih ya aksara! jadi aksara ini kalau tidur siang bisa dua sampai tiga jam. tidur malamnya juga panjang..  biasanya sudah mulai tidur sebelum jam delapan, bangun malam satu kali untuk menyusu, itupun sudah menjelang subuh. jadi kalau tidak kalah sama rasa ngantuk ibu bisa sekalian bangun untuk menyiapkan sarapan dan keperluan lain.

soal dugaan saya dan pak ery tujuh-delapan bulan lalu tentang aksara yang terlihat lebih tenang dibanding pagi ternyata salah hahahahaha. aksara malah jauh lebih aktif pun semakin hari bakat berani ambil risikonya semakin nyata terlihat. kalau saat bayi dulu yang dipanjat bantal pembatas, makin kesini malah semakin ekstrim memanjat kursi lalu naik ke meja, gak bisa liat tumpukan kardus nganggur, langsung diuji coba. beberapa kali terjatuh jatuh, menangis sebentar, kemudian diulang lagi. begitu terus terus sampai pagi berganti siang, siang berganti malam hahahaha. 

aksara sangat mengidolakan pagi, apapun alasannya, jika pagi tertawa maka aksara akan ikut tertawa. saya dan pak ery sering dibuat takjub dengan hubungan misterius ini. aksara akan sangat senang memperhatikan pagi yang sedang menari, atau bernyanyi, atau berlarian sambil tertawa. selama satu tahun ini, mereka berdua memang belum pernah berpisah hitungan hari sih.. jadi meskipun pagi sering mengeluh kalau aksara menggodanya, tetap saja ia senang karena ada adik kecil yang selalu mengapresiasi apapun yang ia lakukan.   

kadang rasanya ingin segera ada dimasa mereka berdua bisa bermain bersama tanpa perdebatan, atau ingin lekas menikmati wangi lembar demi lembar buku baru yang dibaca. tapi percayalah jauh lebih besar keinginan untuk menikmati hari-hari bersama pagi dan aksara dengan waktu yang dibuat melambat. ini baru tahun pertama, insyaallah masih ada banyak hari di depan sana yang akan kita lalui bersama ya nak. semoga selalu sehat dan tumbuh bahagia dalam kesederhanaan dear sena kinnaur aksara. we love you so much adek bakso!


You Might Also Like

8 comments

  1. Hey met ultah bayi bulet, jangan cepet2 gede dulu yaa hehe smoga sehat dan menyenangkan selalu

    Tapi tapi aseli saya lupa: aksara ini cowok apa cewek sih? 😐

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku dua duanya perempuan mas hahahaha.. bapaknya masih belum punya saingan. mungkin coming soon ~

      Delete
    2. (((( coming soon ))))


      *keprok-keprok*

      Delete
    3. coming soon banget? lalu percakapan kita di wa, wahai ibu ajeng ~~~ XD

      Delete
  2. Dari senyumnya aja udah keliatan selow baby yaa Bu Ajeng.. Dikasih tutup botol aja dia udah damai bahagia 😂 semoga kebahagiaan selalu jadi comforter untuk keluarga Bu Ajeng 😊

    ReplyDelete
  3. SELAMAT SATU TAHUN AKSARA! *ciummmmm*

    Ibu Ajeng Ysh, untuk kalimat "kadang rasanya ingin segera ada dimasa mereka berdua bisa bermain bersama tanpa perdebatan", percayalah aku + adik perempuanku sampai saat ini belum bisa akur huahauhauahuaha ada aja bahan rebutan, kalau ngga ribut hambar. ya rebutan baju, pilihan makanan, sampai pacepet-cepet masuk kamar mandi dan matiin lampu kamar mandi. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete