rapor pertama

10:43:00 am

sebenarnya dan (mungkin) seharusnya, cerita ini sudah ada sejak pertengahan desember kemarin. tapi percayalah, akhir tahun kemarin itu melelahkan sekali. rasanya, energi saya terkuras berkali lipat, jam kerja setiap harinya semakin panjang, tak lupa semua pekerjaan sudah tentu harus diselesaikan segera. sesampainya dirumah, jangankan buka laptop untuk menulis.. rutinitas ngobrol malam bersama pak ery-pun terpaksa absen selama berminggu-minggu karena saya memilih beristirahat lebih awal. memasuki awal tahun januari ini, meskipun efek akhir tahun kemarin masih belum tuntas lunas sepenuhnya, setidaknya sudah bisa bernafas lega karena tidak ada lagi jadwal mengunjungi kantor gajah di akhir pekan.

pertengahan desember lalu ada minggu spesial buat saya dan pak ery, pagi kecil mendapat rapor pertamanya. rapor yang sangat istimewa untuk kami yang baru pertama kali menerimanya. sedikit cerita, tahun 2016 kemarin saya dan pak ery memang banyak menghadapi lompatan besar, salah satunya kesepakatan untuk menyekolahkan pagi di rumah berlajar semipalar. sama sekali tidak mudah menangani adaptasi pagi diawal masa sekolah, terlebih minggu awal sekolah saat itu bertepatan dengan terbangnya pak ery ke hutan kalimantan selama dua minggu, pokoknya drama sekali. maka setelah bernafas lega karena telah berhasil melewati hari-hari penuh air mata diawal kegiatan sekolah tempo hari, rabu 14 desember lalu menjadi salah satu hari yang paling saya tunggu.

sesampainya di sekolah kami mengikuti pengarahan dari kak andy sebagai kepala sekolah, pengarahan memang hanya ditujukan untuk kami orangtua kelompok belajar yang baru pertama kali menerima rapor. sebentar saja, lalu setelahnya kami menuju ruang kelas untuk bertemu kakak pendamping. kak nisa dan kak mahes yang mendampingi sahabat anoa (sebutan untuk anak-anak jenjang kelompok belajar) mengajak kami mengobrol sebentar, kemudian membagikan bingkisan besar berisi kardus kostum robot dan buku besar kurang lebih seukuran A3 yang didalamnya terdapat lembaran-lembaran portofolio pagi. hasil karyanya melukis, menggambar, menggunting, membuat topeng juga menjahit dan menempel. beberapa karya pagi dan teman-temannya pernah dipamerkan saat minggu bebarengan dalam pameran gelaran karya anak-anak jenjang usia dini.

yang paling membuat spesial, kami mendapat satu buku kecil yang berisi cerita tentang pagi disekolah. tentang apa yang selama ini ia alami. tentang perubahan baik yang terlihat secara kasat mata, tentang kalimat spontan dan doa apa yang ia panjatkan saat melihat tumbuhan yang ditanam bersama teman-temannya rusak setelah terkena hujan besar. tentang potensi apa yang sudah terlihat selama satu semester kemarin, juga tentang pekerjaan rumah apa yang harus kami kerjakan agar proses tumbuh kembang pagi semakin baik dan utuh. saya perlu lebih dari tiga kali untuk membaca buku rapor pagi dan bohong kalau saya tidak berkaca-kaca membacanya. time flies. anak kecil yang dulu mudah tantrum, murah air mata sekaligus pemalu, sekarang tumbuh jadi pagi yang jauh lebih berani dan berhati besar.

perjalanan tentu masih sangat panjang, masih banyak sekali pekerjaan rumah untuk saya dan pak ery. tapi sejujurnya kami senang menemukan tempat berkegiatan yang pas di hati pagi, pun di hati saya dan pak ery. senin lalu, setelah libur panjang tiga minggu lamanya. pagi memulai kembali rutinitas sekolahnya. saya kembali mendengar cerita sekolah dari pagi setiap hari, tentang rana yang akhir-akhir ini selalu ingin dekat dengannya, tentang ardi yang senang berlari-lari, tentang shaima yang belum bisa masuk sekolah karena sedang sakit, tentang shoji yang rambutnya dikuncir dan-menurut-pagi-itu-keren-sekali, tentang kak nisa, kak mahes dan kak dania yang suka memeluknya, juga tentang kiki si kelinci yang ternyata tinggal di bulan ❤







You Might Also Like

4 comments

  1. Pagiii aku love bangeett <3 Pintar terus ya Naak

    ReplyDelete
  2. Wuaaah keren
    Nama anaknya "Pagi"
    Saya kira nama itu gak akan pernah dipake di kehidupan nyata, soalnya saya juga pake nama itu di novel fiksi saya (tapi belum selesai)

    Salam kenal ya kaaak
    Senang mampir ke sini

    ReplyDelete
  3. wah tampilan blognya simpel dan menyenangkan (y)

    ReplyDelete