slametan "orchestra" ala smipa

2:54:00 pm

setiap awal tahun ajaran baru, semipalar rutin mengadakan acara untuk keluarga besarnya. nama kegiatannya sederhana; slametan awal tahun smipa. ini pengalaman pertama pagi dan saya ikut acara slametan dan karena pak ery sedang ada di tengah belantara hutan kalimantan, jadi saya menghadiri acara slametan berdua saja. tahun ini slametan diadakan di mulberry hills cibodas yang kami tempuh dengan menggunakan sepeda motor. tidak usah ditanya bagaimana persiapannya, yang jelas seru karena sebelumnya saya harus mempersiapkan upacara di lapangan sabuga. lalu pulang kerumah menjemput pagi dan berganti kostum. tak lupa memastikan pagi nyaman "terikat" dengan tas pengaman di belakang sementara saya mengendarai sepeda motor melewati jalan memotong demi bisa mempersingkat waktu tempuh bandung-cibodas.

persiapan sebelum hari H sudah tentu ada. komunikasi kelompok dilakukan melalui pesan grup, koordinator kelompok membagi tugas-tugas kecil yang perlu disiapkan pada saat acara. urusan makan siang menjadi tanggung jawab tiap kelompok. kesepakatan akan bancakan/potlak/botram diputuskan bersama. makanan dan buah-buahan yang disajikan juga harus indonesia banget, jadi ada yang bertugas membawa urap, telur balado gepuk bahkan sayur lodeh lengkap sama panci-pancinya hahahaha total banget. gak lupa soal pemisahan sampah organik dan anorganik setelah makan siang juga jadi isu utama, daaaaan sampah yang dihasilkan harus dibawa kembali lagi ke bandung.. tapi kalau yang ini saya beneran lupa gak memastikan sampai akhir.

"syarat" untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini memang terhitung rumit untuk yang terbiasa terima beres dan duduk manis di kegiatan sekolah anak. ada banyak ketentuan lain seperti setiap orangtua diminta memperhatikan kemasan makanan yang akan dibawa, mengurangi plastik, menghindari sterofoam, anak-anak juga diwajibkan membawa wadah pakai ulang. soal transportasi tidak luput dari pengawasan, setiap anggota kelompok disarankan untuk saling mengatur kendaraan (menumpang) sehingga mengurangi jejak karbon sekaligus menghemat pemakaian bahan bakar. perihal kendaraan ini juga ada kompetisinya, sampai akhir acara kemarin, kelompok 3 ditetapkan sebagai pemenang kategori "semua bangku kendaraan terisi penuh dengan personil kelompoknya" ada juga kelompok pemenang kategori "semua anggota kelompok datang tepat waktu" dan setiap anak-anak yang datang tepat waktu, diijinkan untuk memilih warna souvenir tas belanja sesuai keinginan mereka. sebuah penghargaan sederhana namun bermakna.

satu yang berbeda dari acara slametan awal tahun semipalar, tiap kelompok dibagi dengan sangat "orchestra", jadi dalam satu kelompok, ada anak dan orangtua mulai dari jenjang kelompok belajar (setara PG) sampai jenjang kelompok petualang belajar (setara SMA). selama acara, ada banyak games dan tantangan yang harus dikerjakan bersama-sama dengan seluruh anggota tim. seperti meronce pinus dan bahan alam lain sepanjang dua meter, membuat menara balok yang cara mengambilnya harus dengan estafet juga menghias lambang garuda. tidak ada istilah ini pekerjaan orang dewasa atau itu pekerjaan anak-anak, semua jadi satu. benar-benar seperti gambaran keluarga dalam jumlah yang besar, ada adik, kakak, paman, bibi, ibu, bapak semua bekerja bersama dalam sebuah tim.

terimakasih keluarga besar semipalar! acara kemarin seru sekali. semoga kita masih bisa bertemu di slametan awal tahun smipa berikutnya :)





You Might Also Like

0 comments