gauri atau binar(ing) atau pagi

9:04:00 pm

sejak awal kehamilan tidak seperti kebanyakan pasangan, saya dan masery tidak memanggil calon anggota baru keluarga kecil kami dengan rumus baby+xx(inisial nama depan/nama panggilan). alasan kami sederhana.. waktu itu kami sama sekali belum sepakat tentang satupun nama. jadi tentu saja belum ada inisial huruf untuk disandingkan bersama kata depan baby. tapi menceritakan banyak hal tentang si mungil yang sedang berenang senang didalam perut saya tanpa nama panggilan, tentu akan membuat kikuk. maka sejak itu saya dan masery sepakat memanggilnya pagi. alasannya (lagi-lagi) sederhana, karena kami sama-sama menyukai suasana pagi hari. 

sampai ketika pagi lahir, kami berdua masih disibukkan dengan urusan nama yang tak kunjung selesai. sudah mencari dan mengumpulkan banyak pilihan nama sejak jauh hari tidak membuat mudah keputusan bersejarah dan sekali seumur hidup yang satu ini. namun seperti ada kesepakatan tidak tertulis yang sama-sama kami amini yaitu kami tidak akan menghilangkan nama pagi dalam rangkaian nama yang sebenarnya nanti. tidak sedikit yang menganggap kami nyeleneh karena ingin tetap menggunakan nama pagi, satu kata yang sama sekali tidak umum untuk disematkan dalam satu rangkaian nama. tapi untuk hal yang satu ini, kami berdua sama-sama keras kepala. 

setelah melalui beberapa hari proses bongkar pasang nama, dua hari sebelum aqiqah saya dan masery memutuskan memberi nama Gauri Binaring Pagi pada bayi mungil yang selama sembilan bulan berbagi kehidupan bersama saya. gauri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya tentram/tenang, binar adalah sinar dan ing berarti (-nya) atau kepunyaan dalam bahasa jawa, pagi adalah pagi, satu waktu yang selalu kami kagumi. jadi secara keseluruhan arti gauri binaring pagi adalah pagi yang sinarnya terang dan menenangkan. karena nama adalah doa, maka itulah doa kami untuk pagi. supaya kelak dia bersinar seperti saat pagi hari dengan sinar yang menenangkan dan tidak menyilaukan.  

soal panggilan, seluruh keluarga dan sebagian teman lebih nyaman memanggil binar. sebagai nama pemberian ibu, nama binar memang lebih sounds familiar dibanding dua nama depan dan belakangnya. beberapa teman yang lain memilih memanggil gauri. karena berdasarkan artinya mereka bilang ingin benar-benar tulus mendoakan agar dia menjadi pribadi yang tenang seperti ibuknya bapaknya. sementara saya dan masery tidak berubah, kami tetap memanggilnya pagi. buat kami pagi mempunyai filosofi dan makna yang sangat dalam. pagi adalah mula, pagi adalah waktu dimana banyak orang terbangun dan mulai menjalani hari untuk mewujudkan mimpi. pagi adalah doa dan harapan. maka kami lebih senang memanggilnya pagi. 

walaupun banyak pendapat yang menyarankan untuk memanggil anak dengan hanya menggunakan satu panggilan saja. tapi buat saya ragam panggilan nama ini bukan suatu masalah besar, toh gauri binaring pagi memang namanya, jadi sah saja orang mau memanggilnya dengan nama yang mana, karena insyaallah tetap ada rangkaian doa baik pada masing-masing katanya. amiiin.


You Might Also Like

2 comments

  1. namanya bagus banget dan selalu suka sama yang indonesia banget

    ReplyDelete