#2013

Tuesday, December 31

dua ribu tiga belas, bersyukur atas pekerjaan yang (tetap) saya sukai, keluarga besar yang hangat, suami baik hati dan pagi kecil yang lucu sekali. ah, sebenarnya tak terhitung berapa banyak yang harus disyukuri tahun ini. banyak sekali, alhamdulillah. semoga dua ribu empat belas lebih barokah dan lebih bahagia lagi. amiiin.

drama akhir tahun

Friday, December 13

pernah dengar pendapat bahwa orang yang bekerja sampai melewati jam kerja orang normal (lembur) itu berarti cara bekerjanya tidak efektif? saya sering. tapi saya tidak setuju. mungkin, saya akan setuju dengan pendapat itu nanti, kalau indonesia sudah menerapkan sistem kerja seperti denmark. yang hampir setiap pegawainya punya jam kerja fleksibel dengan hanya maksimal 33 jam perminggu. dan memiliki hak setidaknya 5 minggu dalam satu tahun untuk berlibur. catet! berlibur. denmark juga dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia dengan penduduk yang bekerja mencapai 73% dan rata-rata pegawai dengan jam kerja overtime hanya 1,92% saja.

oke, balik lagi ke realita di negara kita tercinta ini. di indonesia, pekerja lembur memang ada bermacam jenisnya. ada yang lembur karena nunggu jam macet berakhir --kasus yang ini khusus pekerja ibukota. ada yang lembur karena punya pikiran daripada dikosan sendirian, mending nonton pertandingan bola dulu dikantor, ya walaupun kenyataannya dan seringnya cuma nonton bareng office boy doang. tapi seenggaknya gak sendirian banget. trus ada juga yang lembur karena tebengannya lembur, daripada naik angkutan umum gak jelas keamanannya mending ikut lembur sekalian, itung-itung dapet label solidaritas persahabatan :p dan yang paling tragis sih jenis yang terakhir, yang bekerja lembur karena memang dikejar deadline dan kerjaan yang overload.

nah, karena ini akhir tahun maka lembur sudah menjadi drama yang sangat mainstream. dimana hampir semua perusahaan, terutama instansi pemerintah "tutup buku", menyebabkan banyak karyawannya harus duduk dimeja kerja lebih lama dari bulan-bulan sebelumnya. teman baik saya yang waktu itu bekerja disalah satu perusahan jepang, pernah lembur sampai jam 4 pagi. entah kalau sampai jam segitu, hitungannya masih lembur atau sudah menginap dikantor. saya sendiri beberapa tahun lalu pernah mengalami bekerja sampai jam 11 malam, dan jumat kemarin saya lihat status path salah satu teman kantor saya yang bercerita kalau dia baru saja sampai rumah setelah bekerja lembur. status tersebut di update hampir jam 12 malam.

banyak juga teori yang menyebutkan bahwa bekerja itu harus berdasarkan tiga unsur "kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas" kenyataannya dilapangan secerdas apapun cara kita bekerja, kalau lingkaran sistemnya tidak mendukung akan percuma. kita bukan pedagang pasar yang urusannya hanya menjual dan dibeli lalu keuntungan langsung bisa dicari dari selisih kedua angka tersebut. kita bekerja berdasar suatu sistem yang berlaku, didalam sistem tentulah ada banyak orang yang semuanya saling berkaitan, jadi sudahlah tentu perlu keselarasan cara bekerja diantara orang-orang dalam sistem tersebut. kalau tidak bisa selaras maka lemburlah risikonya. dan sayangnya itu yang terjadi dibanyak perusahaan dan instansi yang ada di indonesia.

lagian memangnya siapa sih yang mau bekerja lembur? kalaupun ada, apa iya sebanding dengan reward yang mereka dapatkan setelahnya? menurut pengalaman saya, sama sekali tidak. yang didapat mungkin materi yang sedikit lebih banyak dari biasanya, tapi yang dikorbankan ada banyak sekali. mengabaikan alarm lelah tubuh, berjuang menekan rasa jenuh, dan harus memangkas waktu bersama keluarga. saya yakin, masih banyak orang yang mengartikan lembur sebagai bentuk tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya. jadi be wise.. pikir sekali lagi kalau mau berpendapat mereka yang lembur adalah mereka yang tidak bisa bekerja cerdas dan efektif. tidak semuanya begitu, dan kebanyakan memang tidak begitu. 

bulan ke sepuluh

Sunday, December 8

bayi kecil yang sepuluh bulan lalu bisanya cuma nyusu-tidur-nangis-nyusu-tidur nangis sekarang udah bisa traveling keliling rumah. saya berasa senam jantung banget deh, ditinggal bentar tau-tau udah didepan kamar mandi, megang keset. atau masuk kolong ngejer kucing. atau dibawah meja geser-geserin kursi makan. tapi alhamdulillah bahagia bangeeeet liatnya.

dibulan yang ke sepuluh ini pagi giginya ada dua. gemesin banget deh kalo nyengir-nyengir. trus emang baru kemarenan banget sih merangkak majunya launching, setelah minggu-minggu sebelumnya dia merangkaknya mundur hahahaha. dan pagi juga udah susah banget buat difoto. teramat sangat gak bisa diem pokoknya. seharian kemaren aja nyuri momen untuk foto susah banget. semua gambarnya blur, kecuali kalo motonya pas dia lagi tidur kayak gini :D
well, selamat sepuluh bulan our sugarplum gauri binaring pagi. semoga makin pintar dan sehat selalu ya nak. we love you to the moon and back! *ciyum*

  

ke hutan raya

Tuesday, December 3

sabtu kemarin dalam rangka uji coba fisik dan mental sebelum backpacker beneran, masery ngajak saya dan pagi jalan ke hutan raya juanda. selain karena kami memang hobi berjalan kaki, rasanya juga memang sudah lama tidak merasakan sabtu yang benar-benar bebas dari undangan pernikahan dan lembur. makanya dari awal muncul rencana kesini, saya seneng banget. 

seperti biasa, kami tidak pernah punya jadwal khusus. berangkat santai, sesiapnya, gak lupa mengisi perut dengan semangkuk bubur ayam murah meriah dijalan ganesha. setelah membayar tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah (per orang), kami parkir kendaraan di gerbang belakang hutan raya dan mulai berjalan kaki. saya tidak tau pasti berapa kilometer jarak yang kami tempuh kemarin. yang jelas untuk pensiunan pendaki gunung seperti saya, berjalan kaki selama empat jam cukup untuk membuat badan pegal-pegal keesokan harinya hahaha. 

lucunya selama perjalanan pagi sempet tertidur nyenyak didalam baby carrier. semua orang yang berpapasan dan melihat pagi tidur pasti tertawa. soalnya posisi di baby carrier kan nyaris seperti orang berdiri, tapi mungkin menurut pagi solusi ngantuk itu cuma tidur, meski harus dalam posisi berdiri sekalipun. hahahaha. setelah beberapa jam berjalan, kami beristirahat di salah satu warung sederhana. memesan pisang bakar, mengisi perut dengan beberapa tempe goreng dan menetralisir lambung dengan teh tawar hangat. alhamdulillah, nikmat.

nah, tiba saatnya pulang. setelah anteng selama perjalanan pergi, didetik-detik terakhir perjalanan berakhir pagi mulai gak betah digendong dibelakang. sepertinya kolaborasi capek, ngantuk, panas akhirnya bikin gak nyaman. jadi nangis request digendong depan aja. olala ~ gak persiapan bawa baby carrier yang kecil. lesson  of the day, catet! apapun bisa terjadi kalau \bepergian bersama bayi. akhirnya kemarin cuma bisa pasrah, 20an menit menggendong bayi gembil umur sepuluh bulan tanpa bantuan alat apapun itu lumayan bikin keringat membanjir kakaaaaakkk hahahaha..

eh, kesimpulan dari jalan keliling hutan raya ini adalah, gak sabar ngajak pagi camping beneran! memang sih mesti nunggu pagi bisa jalan dulu biar makin seru. tapi kalau menabung untuk beli tenda kece sepertinya harus dimulai dari sekarang. ayo bap, kita rencanakan petualangan selanjutnya dan sesungguhnya tahun depan :D

  

halo africa

Monday, December 2

setelah sekian lama pengen punya kucing (lagi), akhirnya kemarin kesampean. dan ini dia, welcome home africa!

iyaaaa, namanya africa. kenapa? karena kita (baca : saya dan masery) pengen ke africa, nanti kalau punya kucing kedua mau dikasih nama europe, nyahahahahahaha cetek bener ya.

oke, ini kayaknya bakal jadi kontroversi mengingat saya punya pagi. tapi keputusan ini sudah kami pertimbangkan baik-baik. selama kebersihan dan interaksinya terjaga, mudah-mudahan gak menimbulkan masalah dikemudian hari. 

sebenernya africa ini kucing biasa, dapetnya juga nemu dijalan, trus kita bawa pulang hehehe. emang kita belum pengen punya kucing ras sih, belum bisa ngebayangin repotnya. kalau kucing ras kan perawatan dan pemeliharaannya harus niat pake banget.

selamat sampai dirumah dear africa, semoga betah dan jangan nakal ya puss :D


 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS