ibu hemat keluarga sehat

10:47:00 am


sebagai perempuan modern kita pasti dituntut "jadi lebih" dibanding waktu jaman ibu kita muda dulu. karena kata modern hampir berbanding lurus dengan segala kemudahan yang bisa didapat. bayangkan saja dijaman ibu kita muda dulu.. mau dapat resep masakan saja harus mencatat di buku, mau cari informasi seputar kehamilan atau parenting banyak terbentur mitos ini dan itu. kalau kita sekarang? informasi resep, kesehatan, berita ter-update.. bisa dengan mudah didapat hanya dengan smartphone, googling dimana saja kapan saja. mau nge-mall, toko buku, salon, supermarket.. tinggal ambil kunci mobil atau motor atau telpon taksi lalu melesat ke tempat tujuan. 

jadi wajar kalau perempuan masa kini apalagi yang sudah berstatus istri dan juga ibu dituntut lebih dalam banyak hal.. lebih cerdas, lebih mandiri, lebih berinovasi. salah satu inovasi yang bisa kita lakukan adalah dalam hal mengelola keuangan rumah tangga. bagaimana caranya agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga tapi tetap bisa berlibur bersama keluarga tanpa mengurangi angka tabungan yang harus kita sisihkan setiap bulannya. berikut adalah tiga langkah sederhana yang saya lakukan :

memberi ASI
selain tidak bisa dibandingkan dengan kebaikan susu formula jenis apapun, memberi asi juga salah satu penghematan besar yang bisa dilakukan oleh ibu. menyusui memang tidak mudah, berbagai tantangan kerap ditemui para ibu, tapi berbekal rasa percaya diri dan tekad yang kuat saya meyakini semua ibu pasti bisa melewati masa-masa sulit menyusui. sebagai ibu bekerja, saya juga tidak mau menjadikan bekerja sebagai alasan berhenti memberi ASI. maka sejak masih cuti, saya mulai memerah asi agar anak saya bisa tetap mendapatkan hak istimewanya meskipun nanti saya kembali bekerja. dengan begitu anak sehat, ibu hemat.

air susu ibu perah (asip), solusi untuk ibu bekerja


memakaikan cloth diaper
bersyukur karena kita hidup di-era sekarang, berbagai produk modern dengan harga bersaing beredar dipasaran. bahkan popok kain-pun sekarang sudah ada versi modern-nya. cloth diapers atau popok kain modern yang bisa dicuci ulang adalah salah satu solusi hemat untuk para ibu. dibanding harus menggunakan popok sekali pakai atau diposable diaper, penggunaan popok kain modern lebih bisa membantu menekan pengeluaran ibu rumah tangga. tidak hanya hemat yang didapat, tapi juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sampah.

 
cloth diapers pengganti popok sekali pakai
 

jadi dokter dirumah sendiri
"sehat itu mahal" begitu kalimat yang sering kita dengar. maka sejak dulu saya rajin melahap berbagai buku soal kesehatan, pencegahan dan penangannya. tak lupa saya juga ikut menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi oleh keluarga. karena sehat bermula dari makanan kan? langkah ini bisa juga didukung dengan hal sederhana seperti berbekal minum sendiri kemanapun kita bepergian. selain lebih sehat berbekal air mineral sendiri akan mengurangi keinginan kita untuk membeli air minum kemasan.

memasak sendiri menjamin kesehatan anggota keluarga

 
langkah-langkah menyiasati keuangan rumah tangga yang saya lakukan diatas sudah saya rasakan besar manfaatnya. saya tetap bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga kecil saya dan tetap bisa mengisi pundi-pundi tabungan untuk masa depan. ragam solusi dalam mengelola keuangan rumah tangga juga bisa dengan mudah didapat dengan mengunjungi laman www.liveolive.com atau bisa juga dengan like facebook liveolive follow twitter liveolive dan liveolive google(+) bisa juga dengan subscribe liveolive youtube untuk mendapatkan artikel terbaru seputar solusi, juga tips dan trik mengelola keuangan rumah tangga. happy managing family finances!

You Might Also Like

0 comments