saya ngapain aja?

9:11:00 am

buat ibu bekerja yang baru punya anak, jauh dari orang tua, tinggal berdua aja sama suami, dengan ART yang tidak menginap.. alias dateng pagi pulang sore. ini adalah daftar kesibukan yang perlu diketahui. untuk apa? untuk kalo nanti mau nambah anak, ya seenggaknya bisa mikir sanggup apa enggak dengan kesibukan yang pastinya bakal jadi dua kali lipat hahahaha. oke jadiiiiii, semenjak resmi masuk kerja saya ngapain aja sih? ini ceritanya.. :D

subuh :
kalau mau agak santai alias gak rusuh bin riweuh, saya harus bangun jam 03.30. pertama yang saya lakuin pas bangun adalah pumping untuk asipnya pagi selama saya tinggal kerja. abis itu saya nyiapin botol-botol asip yang bakal dikonsumsi pagi, dilanjut dengan nyiapin perlengkapan tempur untuk pumping dikantor. trus beresin apa yang mau saya bawa kerja dalam satu ransel dan satu tas jinjing berisi breastpump dan teman-temannya. trus nyuci piring, trus masak nasi, trus rebus aer anget sambil beres-beres rumah.

kira-kira jam 5an.. pagi saya bangunin, tujuannya biar saya bisa main. awalnya sempet ga tega sih, tapi dibiasain, akhirnya lama-lama tiap jam 5 dia bangun sendiri dan langsung ngajak main. sambil main sambil saya nyiapin clodi yang mau dipake seharian sama pagi.. plus baju ganti untuk setelah mandi sore. ditengah tengah waktu ini saya mandi sambil nyuci clodi yang dipakai pagi hari kemarin. meskipun punya ART selama ini saya memang selalu nyuci clodi dan baju-bajunya pagi sendiri, setiap hari. kenapa? gak tau ya.. saya sih prinsipnya selagi bisa saya kerjakan sendiri ya saya kerjakan sendiri :D

nah sekitar jam enam kurang, giliran pagi yang mandi. saya sih tinggal nyampur aer anget aja.. semua keperluan mandinya pagi udah disiapin sama masery. selesai pagi mandi, saya main lagi.. sambil sesekali diseling ganti baju kerja. biasanya jam setengah tujuh dia udah laper dan ngantuk, sisa waktu setengah jam saya pakai buat menyusui dan biasanya juga tepat dijam saya berangkat, pagi udah tidur pules :)

selama dikantor :
saya pumping di gudang, hah gudang? ya masi mending kan daripada toilet :p gak usah ngarep nursery room deh, bisa dapet ijin pumping dua kali sehari aja bersyukur banget. saya pumping tiap jam 11 dan jam 4 sore. biasanya kurang lebih 20-30 menit dan dalam dua kali produksi itu saya menghasilkan 400-500ml serunya karena saya punya dua temen pumping yang juga ibu muda. jadi biarpun sempit-sempitan di gudang tapi sambil pumping bisa sambil gosyip ciyn hahahahaha.

sore :
sampai rumah kalo gak pake macet sih bisa jam 5 kurang, langsung serah terima pagi sama nenek yang ngasuh, trus beliau pulang. saya punya tugas menyenangkan tiap sore/malam menjelang pagi tidur.. mendongeng. dan pagi emang lucu banget deh kalo dibacain cerita, antusias banget.. kakinya nendang nendang dan sesekali bubbling, kayak yang ngerti banget gitu. sekarang ini pagi lagi saya bacain riwayatnya HAMKA, kemarenan sempet dongeng yang beneran dongeng anak.. trus abis, ganti cerita-cerita pake majalah national geographic. trus lusa lalu ngubek-ngubek toko buku didepan kantor dan nemu dongeng riwayat Buya HAMKA.

abis dongeng biasanya pagi laper trus udah mulai ngantuk berat. minum susu, dipukpuk sebentar langsung tidur deh. enak bener ya hidupnya hahahahaha. pas pagi tidur barulah saya menjalankan peran rumah tangga. nyuci breastpump dan botol-botolnya, nempatin lebihan asip yang saya produksi dan yang akan dipakai besoknya, setiap hari kalau ditotal saya menghasilkan 700-800ml asip. daaaaan selama saya tinggal kerja, pagi cuma habis maksimal 400ml. irit banget yak hahahahaha. jadilah setiap hari juga saya surplus sampai 500ml asip alhamdulillah. kalau urusan asip mengasip ini udah beres saya baru nyiapin keperluan saya sendiri termasuk nyetrika baju kerja.. masak gimana jeng? masak kookk.. kadang, kadang-kadang banget hahahahaha..

dini hari :
masih bangun? yamasih laaah. gini penjelasannya, asi adalah satu-satunya makanan yang terserap sempurna oleh bayi. sehingga bikin dia cepet laper yang akhirnya bikin dia sering bangun dimalam hari. apalagi semenjak saya tinggal kerja, kalau malam dia jadi lebih sering terbangun. yang biasanya bisa anteng tidur 4-5 jam, sekarang balik lagi kayak jaman baru lahir.. 2 jam sekali bangun hehehe. tapi saya anggap itu sebagai bentuk kangennya pagi karena sesiangan saya tinggal kerja. lagian sekalian bangun menyusui, saya juga bangun untuk pumping (lagi).

sebagai manusia biasa, bohong kalau semua rutinitas diatas gak pake adegan jenuh. ada kok.. ada banget malah. tapi manusiawi kaaaan.. sekarang ini hampir tiap hari saya ngerasain ngantuk kalo dikantor. dengan jam tidur yang berkurang sadis dan tanggung jawab yang bertambah drastis, capek? ooo pastiii. makanya berbagi peran sama suami itu harus banget, walaupun cuma gantian ngajak main sejam dua jam. percaya deh.. sehebat apapun seorang ibu gak bakal maksimal tanpa bantuan suami. dan seperti yang sering saya bilang secapek apapun kita ngurus anak, bakal kebayar lunas selunas-lunasnya kalo liat anak senyum, sehat dan ceria.

You Might Also Like

1 comments

  1. kalo ngebaca dari postingannya kayaknya ribet juga ya punya anak yang masi baby gt. harus pinter bagi2 waktu plus yang dipikirin pasti baby nya terus.

    tetep semangat ya! salam kenal :)

    ReplyDelete