clodinya Pagi

Thursday, April 11


berawal dari niat ngurangin sampah, saya bertekad untuk pelan-pelan membebaskan Pagi dari dispo a.k.a disposable diaper a.k.a popok sekali pakai a.k.a p*mpers. mungkin niatnya terlihat naif ya, tapi beneran deh.. saya sedih tiap kali ngeliat sampah dispo yang "dihasilkan" Pagi. apalagi kalo baca-baca sampah dispo itu baru bisa terurai sempurna setelah ratusan tahun. ngerasa ikut dosa karena menghasilkan sampah yang sangat tidak organik. selain ngurangin sampah, niat lainnya adalah soal kesehatan. apalagi kalo bukan soal bahan kimia yang terkandung didalam dispo.. iya saya tau kok, sebelum diedarkan dipasaran dispo pasti udah ngelewatin berbagai uji kelayakan. jadi segala resiko pasti juga udah diteliti sama para ilmuwan. cuma tetep aja kan.. kalo keseringan make juga jadinya gak tenang.

walaupun jujur yaaa.. godaan dispo itu luar biasa. jadi ibu itu repot banget dan dispo mengurangi hampir separuh kerepotan ibu masa kini. tinggal buka, pasang, pakai lalu buang. gak perlu dicuci cuci, gak perlu naruh harepan tinggi sama matahari untuk ngeringin jemuran clodi. kalo gak kuat-kuat iman banget sih pertahanan soal mencintai lingkungan bisa runtuh sama godaan dispo. sekarang sih saya memang belum 100% bebas dispo, karena masih bergantung banget sama matahari buat ngeringin cucian, tapi suatu hari saya punya cita-cita untuk itu. clodi memang (keliatan) mahal banget kalo belinya sekaligus banyak. berasa banget nguras atm-nya. tapi, kalo kita compare sama penggunaan dispo, jatohnya tetep jauuuuhhh lebih hemat. 

blueberry, pempem, bebibum, pempem, babyland, pempem, cluebebe

sejauh ini saya (baru) punya sebelas clodi yang terdiri dari empat merk lokal dan satu merk impor. baru punya sebelas, rencananya mau terus nambah sampe puas.. hahahaha. sumpah deh ketagihan liat motifnya yang lucu menggemaskan, berasa semuanya pengen dibeli *brb minta uang sama pesawat*. lagian abisnya musim ujan gini.. si insert-insert clodi itu keringnya gak bisa dipastikan. kadang dua hari bahkan pernah empat hari baru kering, yasalam. nahh sesuai janji saya di twitter kemarenan soal membahas plus minus clodi lokal, sekarang mari kita bahas satu persatu merknya.. 

pempem 
+ covernya paling cepet kering diantara yang lain
+ gampang masukin insertnya
+ paling slim diantara yang lain
- jenisnya pocket, jadi kalo Pagi pipis ya diganti semua.. secovernya juga

babyland
+ lembut
- susah banget kering
- susah masukin insertnya
- pernah kejadian bocor :s

bebibum & cluebebe
+ jenisnya cover, jadi kalo Pagi pipis ganti insertnya doang.. ga boros cucian.
- genduuuut bangeeeet, jadi keliatan bengkak gitu x))

pembukaannya panjang bahasannya segini doang, gak ngebantu banget ya hahahaha. kalo mau lengkap  dan akurat saya saranin browsing aja deh mending hahahaha. banyak banget kok ibu blogger yang membahas soal dunia per-clodi-an. sesuai dengan review dan foto clodinya Pagi diatas tulisan ini keliatan kan saya paling cocok pake merk apa. iyaaa.. saya kasih nilai delapan untuk clodi merk pempem. kalo untuk daya serap, semua clodi lokal ini kemampuannya hampir sama sih. lagian daya serap kan dipengaruhi sama insert juga ya, saya tipe yang suka nuker insert. punya pempem ke babyland, babyland ke bebibum. muter-muter aja tergantung mana yang duluan kering. tapi emang kalo Pagi ber-clodi lokal, maksimal 4 jam sekali saya ganti.

kalo clodi import? naaah.. ini dia. saya cuma punya satu. the one and only. soalnya harga clodi impor dengan merk termahsyur ini bisa dibuat beli tiket promo pesawat bandung-bali. tiga ratus ribu saja sodara sodara hahahaha *buang dompet*. tapiiii.. jangan ditanya soal kecanggihannya.. dijamin gak nyesel. bisa tahan delapan sampe sepuluh jam! dispo aja kalah. emang sih, ada kualitas ya pasti ada harga juga. saya punya sebiji ini aja girangnya bukan maen.. hahahaha. andelan banget buat dipakein malem, trus Pagi juga kayaknya nyaman banget kalo dipakein blueberry pas bobo malem. tau aja mana yang mahal :))

jadi sekian review gak niat dari saya tentang cloth diaper hahahaha. semoga yang baca jadi terinspirasi sama pemakaian clodi yaaa. minimal kita bisa ikut bantu ngurangin beban bumi yang selama ini udah ngasih banyak banget buat kita *cmiwiiiiwwww*. oiyaa kalo ada yang belom sempet jenguk Pagi dan pengen ngasi kado tapi takut ga kepake, saya nerima clodi blueberry dengan tangan terbuka dan lapang dada, hahahahaha.



*cheers!

1 comment:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS