pesan dari pi

11:54:00 am


jarang-jarang banget ya saya ngebahas film di blog ini. selain karena gak terlalu hobi nonton, saya juga orang yang gampang lupa sama film yang udah saya tonton. dan saya bukan termasuk orang yang nyesel banget kalo film box office terlanjur turun padahal belum sempet nonton. tapi life of pi ini menarik perhatian banget deh. dari visual trailernya udah keren banget, dan saya baca-baca reviewnya juga banyak yang bilang film ini bijak banget. jadilah saya ngotot banget pengen nonton film ini.. dan ternyata, emang beneran keren!

awal cerita film ini cukup bikin kaget, ceritanya tentang anak kecil yang punya rasa ingin tau lebih tentang Tuhan dan Ketuhanan. sampai dia merasa harus memeluk tiga agama sekaligus, hindu, kristen dan islam.  dia berterimakasih pada dewa khrisna, berdoa pada jesus dan melakukan sholat seperti layaknya muslim. agak kontroversi memang. bahkan katanya kalau di buku life of pi, dipaparkan jelas perdebatan antar tiga pemuka agama. tapi scene soal kontroversi agama di filmnya gak lama, tau-tau si cerita masuk ke awal mula petualangan pi, berlayar meninggalkan india.

bagian dari film ini yang bikin saya merasa tertampar adalah soal pesan tanggung jawab yang disampaikan pi. kebanyakan dari kita (saya juga) sering merasa tanggung jawab adalah bagian dari beban kehidupan. dengan kita diberi suatu tanggung jawab, maka beban hidup kita semakin bertambah berat. tapi di film ini pi melihat tanggung jawab dari sisi lain. dicerita ini pi bertanggung jawab atas lapar dan hausnya richard parker, dan justru rasa tanggung jawab itulah yang membuat dia bisa lebih kuat, lebih punya tujuan hidup, lebih berusaha sekaligus lebih bahagia.

setelah dipikir-pikir, emang bener ya. kita sering gak sadar, sebenernya yang membuat kita menanti pagi, bersemangat menghadapi hari adalah tanggung jawab yang ada didepan mata kita. tanggung jawab membuat kita lebih tau do and don'ts, tanggung jawab menciptakan passion tersendiri dikehidupan sehari-hari. dan ketika kita sudah berhasil memenuhi tanggung jawab itu, otomatis akan ada perasaan bahagia. coba, tanpa itu semua.. kita pasti jadi orang yang luntang lantung dan gak punya tujuan hidup.

sebenernya masih banyak pesan yang disampaikan di film ini, tentang keikhlasan, tentang pasrah dan berserah, tentang kemenangan dan harapan, juga tentang Tuhan yang selalu hadir melalui pesan-pesan yang sering tidak kita sadari. dan yang paaaaaaling bikin berkaca-kaca adalah scene ketika pi sama richard parker udah sekarat kemudian pi bilang "God, thank you for giving me my life. I am ready now." trus saya langsung tanya sama diri sendiri. kapan saya bisa mengucapkan kalimat itu?



*cheers!

You Might Also Like

1 comments