balada hamil muda

Monday, July 9


sebagai calon ibu baru, saya memang masih agak kaget dengan efek hamil yang diluar dugaan. dulu saya pikir hamil itu ya biasa saja.. tidak ada yang akan dirasakan selain bentuk perut yang makin lama makin membuncit. ternyata..  tidak se-simpel itu. semua ibu hamil sadar atau tidak pasti mengalami perubahan diluar perubahan fisik yaitu perubahan emosional. tapi subjektif sih, kalau saya yang ditanya, pasti saya akan bilang bahwa saya normal-normal saja.. gak manja, gak ngeselin, gak emosian.. tapi coba yang ditanya mas ery, hahahaha.. untuk pria paling siaga yang satu ini rasanya tidak cukup jika hanya memuji kesabarannya yang seolah tak pernah punya masa kadaluarsa :p

saya rajin mencatat beberapa perubahan yang terjadi selama kehamilan, seperti selalu terbangun tiap tengah malam untuk buang air kecil, badan tidak fit.., seluruh sendi rasanya pegal tanpa bisa dicari tau penyebabnya, dulu saya termasuk yang gak doyan aktifitas pijat memijat, tapi semenjak hamil rasanya ingin punya asisten pijat pribadi. saya juga selalu lapar dijam-jam tanggung dan gak bisa ditoleransi. lalu sekarang saya jadi jerawatan.. agak masuk level memprihatinkan, mengingat dulu kulit saya termasuk yang anti karat dan tahan segala cuaca, ehh sekarang nyerah sama hormon. yang terakhir seperti ibu hamil pada umumnya, absolutely saya merasakan mual pagi.

gak sampe wow banget gitu sih mualnya tapi gak jarang juga kebagian mual yang sedikit heboh. kalau sudah datang edisi mual yang itu saya sampai keringat dingin dan berairmata, rasanya lelaaaah sekali. orang bilang mual jangan dirasa nanti si anak jadi manja, tapi saya justru bersyukur dikasih kesempatan merasakan "sensasi" ibu hamil yang seperti itu, karena saya jadi sadar, bahwa benar.. jadi ibu bukan sekedar kita mampu hamil kemudian menunggu waktu melahirkan. bukan hanya itu ukurannya, tapi ada banyak sekali kesiapan yang harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. 

membaca banyak referensi kehamilan baik dari buku maupun dari internet tak lantas membuat kita jadi tenang. karena semakin banyak informasi yang dibaca, justru semakin banyak kekhawatiran yang dirasa. semakin banyak orang tau kita sedang berbadan dua, semakin banyak pula saran dari mereka yang otomatis diserap kepala, serba salah jadinya.  tapi saya yakin setiap perempuan hamil pasti punya intuisi seorang ibu, punya keyakinan untuk menyaring banyak informasi yang didapatnya, memilah dan memisah mana yang menurutnya paling baik untuk dia dan bayi dalam kandungannya. 

siang ini tadi jadwal saya periksa kandungan, alhamdulillah normal dan sehat. hilang sudah kekhawatiran yang selama ini memenuhi isi kepala. hari ini untuk pertama kalinya saya dan mas ery mendengar detak jantung si mahluk mungil yang sedang berenang senang didalam sana. rasanya luar biasa, menyadari ada yang hidup didalam yang sangat bergantung pada tubuh saya.. yang jantungnya berkedip dengan tanda merah dan biru di layar USG, terdengar berdetak cepat "dugdugdugdugdug" seperti lelah habis berlari. dokter irna bilang "tuh liat anakmu.." saya dan mas ery tertawa.. bahagia, tak terungkap kata.


*cheers!

5 comments:

  1. selamat, hamil muda, kehamilan yang pertama, yang penting tenang dan sering berkomunikasi dengan ibu lain yang sudah pernah hamil :-)

    ReplyDelete
  2. @ mas antok suryaden : iya mas, selama ini apapun pasti tanya dulu ke ibu dan kakak perempuanku yang sudah berpengalaman melahirkan dan membesarkan anak :D

    ReplyDelete
  3. siapin nama cowok deh, anak lo cowok tuh. keliatan dari tanda2 yg kamu ceritain....

    ReplyDelete
  4. jangan kebanyakan makan cilok, cireng, ntar anaknya lengket :P

    ReplyDelete
  5. @ mas agus : hahahaha.. teori darimana itu? aku perempuan atau laki-laki yang penting sehat & sempurna mas :D

    @ irfan : kalo nyokap dulu makan apa sehimga lo teramat derama seperti sekarang?

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS