puas nakal

9:47:00 am


menurut saya setiap orang harus puas nakal atau setidaknya harus pernah merasakan jadi anak nakal. karena nakal itu ekspresi dan bagian dari proses pembentukan karakter diri. nakal itu ilmu, meski tak pernah diajarkan, bahkan selalu dilarang disekolah manapun. sekolah formal mengajarkan setiap anak untuk menjalani kehidupan normal pada umumnya, semua guru menamkan pola pikir bahwa siswa ideal adalah mereka yang rajin, disiplin dan tidak pernah masuk daftar buku hitam. memang pada dasarnya tidak ada guru yang suka anak nakal, tapi tenang saja, ditiap sekolah akan selalu ada guru idola yang bisa memaklumi kenakalan siswa dalam porsi-porsi tertentu. 

kalau nakal versi saya itu pura-pura sakit pas upacara, bolos jam pelajaran, terlambat masuk kelas, malak secara halus dengan ngamen dari kelas ke kelas buat ongkos naik gunung atau dijemur dilapangan karena berantem sama laki-laki. anak nakal tau benar rumus tidakan dan resiko maka biasanya mereka akan ikhlas tersenyum ketika dihukum. sesungguhnya hukuman mengajarkan anak nakal untuk mengulangi kenakalan yang sama dengan cara yang lebih smooth dan tak terdeteksi, hahahaha. dalam hal ini ibu adalah tokoh yang paling sabar, menyambangi ruang kepala sekolah untuk memenuhi panggilan dan menebus kenakalan khas remaja ala saya. bersyukur karena ibu tak pernah marah kalau saya nakal. buat ibu yang penting saya tidak lupa sholat dan tidak malas mengaji, asal nilai saya tidak merah, nakal itu sah.

pola didik yang diajarkan ibu membuat saya percaya bahwa tidak ada korelasi mutlak antara kenakalan dan masa depan. bahkan kenyataannya hampir semua teman nakal saya dulu, sekarang sukses karir, sukses karakter. mungkin karena saat remaja mereka puas nakal, jadi ketika dewasa mereka hanya tinggal tertawa dan tak ingin mengulang mencobanya. suka atau tidak anak nakal adalah yang paling mudah diingat meskipun sudah bertahun-tahun lulus dari sekolah dan percayalah reuni disekolah manapun tidak akan seru tanpa kehadiran anak-anak (yang dulunya) nakal :D 


*cheers!

You Might Also Like

5 comments

  1. jd cngar cngir sndiri bacanya,,, gw bgt

    ReplyDelete
  2. hahahaha ayooo kita toss bertigaaa. hidup anak nakal!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. duh jadi inget masa muda :) saya nakal! haha buat anak org berkali nangis ;p

    ReplyDelete