pasar kaget

Sunday, May 27



hampir setiap daerah di indonesia punya pasar kaget, pasar yang jadi idola semua lapisan masyarakat. sesuai dengan namanya pasar kaget hanya ada dihari dan waktu tertentu, seperti di kawasan lapangan gasibu bandung. pasar gasibu memang hanya digelar setiap hari minggu, mulai pagi hingga matahari ada dipuncak tinggi. saya bukan termasuk yang rajin menyambangi pasar gasibu setiap minggu, tapi saya selalu senang kalau mengunjungi keramaian yang tercipta dari ratusan pedagang kaki lima, apalagi kalau ditambah bonus langit cerah dan udara dingin khas bandung. sempurna!

kalau ditanya apa saja yang ada di pasar kaget gasibu saya rasa tidak jauh berbeda dengan pasar-pasar kaget dibanyak daerah lainnya. mulai dari sandang, pangan, papan, semua komplit dijajakan diatas etalase beralas terpal. pembelinya juga tak kalah ragam, dari yang sudah wangi rapi jali, sampai yang masih membawa sisa mimpi malam tadi. backsong itu semua tentu saja bunyi klakson kendaraan bermesin yang bersahut-sahut berusaha memecah sendat arus sesak pejalan kaki, juga lengking peluit tukang parkir menggiring kendaraan roda dua masuk kedalam "lapaknya" dan teriakan para pedagang bersaing menawarkan barang dagangan yang mereka punya dengan kalimat khasnya.

selain atmosfer, yang paling saya suka dari pasar kaget adalah jajanan murah meriahnya, soal yang satu ini pasar kaget dimanapun pasti selalu juara. bayangkan saja, dipasar gasibu saya bisa mengganjal lambung dengan selembar lima ribu rupiah untuk seporsi cuankie, atau sepiring baso tahu, atau tiga ribu rupiah yang bisa ditukar dengan tiga tusuk cilok goreng, atau cakue, atau jamur krispi atau bola-bola ubi, bahkan dua ribu untuk sebungkus gula-gula kapas merah muda, dan nol rupiah untuk beberapa teguk air mineral yang saya bawa dari rumah. murah dan bahagia.

buat penggila semua yang "indonesia sekali", pasar kaget adalah salah satu event sederhana yang patut dicoba, karena tak butuh banyak biaya juga waktu yang lama untuk bisa merasakan sensai bahagia di negeri ragam budaya ini. sebentar, sekedar memanjakan mata, melihat, memperhatikan, mendengar dan mencari tawa dari hal-hal kecil yang terjadi disekitar kita. jadi kalau pas bangun terlalu pagi dihari minggu, cobalah menikmati cerianya pasar kaget. jangan lupa berbekal air minum sendiri dan beberapa keping uang pecahan kecil untuk mengapresiasi pengamen dengan suara kualitas tinggi.

1 comment:

  1. Dan dari tahun ke tahun gasibu di minggu pagi sepertinya makin ramai,
    Anw, salam kenal y :)

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS