mencintai pagi

Monday, October 31



"saya mencintai semua unsur yang membentuk pagi.,"
- desa pasir pogor

happy birthday!

Thursday, October 20


hey. selamat ulang tahun http://ajengsekar.blogspot.com/ :*

gak kerasa udah empat tahun nemenin saya bermetamorfosis. makasih ya..
semoga google makin jaya biar blogspot tetap ada jadi saya bisa terus menulis,
berbagi tawa, cerita, cinta, inspirasi.. terus dan terus sampai nanti.

the conclusions

Friday, October 14

"celebrate the happiness that friends are always giving, 
make a holiday and celebrate just living!"

ini adalah penutup tulisan saya tentang liburan bareng tujuh teman luar biasa ke pulau tidung di kepulauan seribu, jakarta. dari berangkat sampe pulang ada banyak sekali hal diluar rencana dan tak terduga yang kami alami. sekali lagi saya mau bilang kalau liburan itu harus! meskipun tidak harus jauh dan tidak harus mahal. kemanapun perginya, hal indah atau buruk sekalipun yang terjadi, selama kita pergi bersama orang yang tepat semua akan terasa jadi super menyenangkan.  


*cheers!

batman dan banana boat

Thursday, October 13

sebenernya saya rada males ngebahas hari kedua di pulau tidung. karena akan sangat merusak reputasi kecerdasan yang selama ini saya sandang hahaha. emang yah, mau gimana normalnya hidup kita kalo deketnya sama orang yang kurang normal ya kebawa juga. jadi hari kedua ini jadwalnya kami piknik ceria dengan lari-lari norak bermain dipinggir pantai. tapi jangan bayangkan pulau tidung adalah pulau private yang bebas keramaian karena disini.. wisatawan menyemut dimana-mana. kami sampe harus ekstra keras nyari tempat yang agak sepi dengan cara mblusuk mblusuk ke semak tinggi. 

sedikit kecewa karena ternyata pantai sepi yang susah payah kami temukan berair dangkal, bahkan sampe beberapa puluh meter ketengah. saking dangkalnya sampe gak ada ombak sama sekali disana, malah lebih mirip rawa berpasir, padahal berry udah buka baju ala-ala petugas bay watch gagal fitnes gitu. nah.. tapi berhubung kali ini saya berlibur bersama orang-orang yang level kecerdasannya setingkat SD jadi kecewanya juga gak lama-lama. ceritanya kami bermisi mengubur markuy didalam pasir. kenapa markuy? karena dari dulu sampe sekarang, cuma dia satu-satunya anggota geng yang pasrah kalo di bully. 

briefing design jebakan batman

tapi kali ini markuy punya pembelaan yang masuk akal. di bully segimana juga dia keukeuh gak mau dikubur didalem pasir. jadinya dia mengusulkan supaya lubang yang sudah kami buat itu dijadikan jebakan batman. tujuannya, biar orang yang lewat kejeblos pasir. jahat kan? jahat banget.. hahaha. tanpa pikir panjang, semuanya setuju.. *ngerasa salah pilih temen* cara bikin jebakan batman itu dibahas tuntas bonus foto-fotonya di blog dini. jadi kalo udah pada liat blognya dini.. itu bukti nyata. bukti nyata pemuda pemudi twenty something yang... ahh speechless.

sukses dengan jebakan batman, kami balik lagi ke pantai yang ramai untuk berbanana boat. banana boat ini gratis, sebagai obat pelipur lara dari pak amsir karena kemarin kita gak puas snorkeling. awalnya sih kami gak niat-niat banget naik banana boat. soalnya dari jauh terlihat seperti mainan anak-anak yang sama sekali gak butuh adrenaline. tapi kami salah.. yeah salah besar. naik banana boat disini musti bernyali. soalnya misi pengemudi speed boat yang menarik kami cuma satu. si banana harus terbalik ditengah laut bagaimanapun caranya. 

kronologisnya kami berdelapan, tapi dini nyerah gak mau ikutan banana boat. jadi bertujuh.. karena kapasitas banana boat hanya lima orang, kami dipecah dua. saya, berry, andris, markuy, abud di kloter pertama sementara bardjo sama irin giliran berikutnya. sebenernya yang paling saya takutin bukan soal banana yang bakal terbalik di tengah laut, tapi soal orang yang duduk dibelakang saya. andris.., andris adalah si pemilik badan paling besar sekaligus yang sama sekali gak bisa berenang. good kan? harusnya sebagai satu-satunya perempuan di perahu itu saya ngerasa aman, tapi kali ini justru saya yang paling merasa terancam. malah ketika speedboat mulai ngebut memecah laut, yang paling kenceng dan paling histeris teriakannya ya si andris.

beberapa menit muter-muter di tengah laut si sopir speedboat berhasil bermanuver dan membuat perahu pisang kami terbalik dalam hitungan detik. itu rasanya kaget luar biasa, terlebih karena di dalam air kami saling bertubrukan secara acak. yang nasibnya kurang beruntung adalah berry.. dia gak cuma tertubuk tapi juga tertimpa andris hahahaha. bahkan sampe detik ini salah satu cerita yang selalu jadi pemicu tawa adalah cerita kronologis berry tertimpa andris "gede banget ya allah, gue kira gue ketimpa kapal, gak taunya andris.."

  rada ngampung dikit gayanya, maklum girang


*cheers!

ubur-ubur mengubur mimpi

Tuesday, October 11


kami sudah berbulat tekat melupakan trauma tongkang derita. apapun yang terjadi liburan kali ini tetap harus ceria walaupun waktu mepet banget ke senja. bagai team amphibi yang menjalankan misi. kami berdelapan sukses bersnokeling di laut dangkal kepulauan seribu. sekedar informasi aja nih ya.. diantara kami berdelapan yang renangnya masuk kategori jago cuma abud the ojan. sisanya ada di predikat memprihatinkan dengan gaya renang acak, yang penting kaki gerak. urusan badan bergerak atau diem ditempat itu belakangan.


ini memang bukan snorkeling saya yang pertama, jadi udah lumayan berskill ceritanya. tapi berbeda dengan lokasi snorkeling di belitung sebelumnya, selain warna air yang lebih biru pekat dibanding laut belitung, disinipun terumbu karangnya lebih rapuh. kesenggol dikit langsung patah :( jadinya malah gak tega kalo terlalu all out snorkelingnya. cukup lama menikmati kehidupan bawah air di spot pertama, kami berpindah ke spot selanjutnya.

ceritanya kali ini kami request ke tempat yang lebih dalem, biar si terumbu karang gak mudah terinjak kaki. jangkar kapal diturunkan, saya, bei dan abud langsung loncat ke laut pake gaya macan terbang. dalam hitungan menit.. saya mulai sadar, ada banyak mahluk kecil yang menusuk-nusuk permukaan kulit saya. rasanya seperti sedang terapi akupuntur. ketika saya melepas google dan mebiarkan mata menyapu permukaan laut, barulah saya sadar.. ada ribuan ubur-ubur mungil transparan yang menari-nari mengikuti gelombang laut. AWESOME! cantik sekali. masalahnya.. iya masalahnya, mereka terganggu sama keberadaan kami. jadi mereka melakukan pertahanan dengan menyengat sekenanya hahahaha.. bisa apa kami selain mengalah, dengan pasrah kami naik ke perahu untuk mencari spot lain dengan penghuni yang lebih ramah.

alih-alih senja semakin mengambil kuasanya. jadilah kami hanya bisa melanjutkan kesenangan di pinggir pantai dengan pemandangan seadanya. tadinya mau nekat nyebrang ke bagan tempat budidaya ikan tengah laut. tapi mengingat dari kami berdelapan yang jam terbang renangnya tinggi cuma abud, jadi mending gak usah sok uji nyali deh yah. well gara-gara ubur-ubur menari yang mengububur mimpi, jadi kami gak sampe berjam-jam snorkeling.. tapi alhamdulillah sudah senang luar biasa, puas menggigil kedinginan sekaligus ketagihan.


cheers!

tongkang derita

setelah menunggu kurang lebih satu jam (lagi) di pelabuhan muara angke, akhirnya kapal kedua kami datang. nama kapalnya anterja, dengan pak teguh sebagai pemiliknya. pak teguh ini tokoh lokal dengan gaya interlokal, tidak seperti kebanyakan "anak pantai" lainnya, pak teguh dengan gaya yakin, sepatu aladin dan kemeja licin sukses membuat kami terpesona. kami mengenang pak teguh sebagai salah satu tokoh yang paling berjasa dalam menyelamatkan liburan kali ini karena akhirnya kami bisa naik kapal tongkang miliknya dengan lega dan sangat gembira, duduk di dek atas baris paling depan, sudah siap tempur, sudah minum obat anti mabuk perjalanan, life jacket sudah terpasang di badan. pokoknya siap berlayar mengarungi lautan.

sejam pertama, kami berdelapan masih duduk tegak dan cengar cengir girang, masih sempet ngomentarin orang, masih bisa update status di twitter. sejam berikutnya satu persatu personil tumbang. markuy adalah yang paling pertama tidur dengan ikhlas, disusul andris, bardjo yang sampe keukeuh gak mau bangun sebelum kapal merapat ke dermaga, sementara abud bertahan duduk dengan wajah pucat pasi dan berry mencari solusi cari bahan cerita dengan mengajak bicara sang nahkoda walaupun dalam hitungan menit tumbang juga. laut siang itu memang menegangkan. hujan disertai gelombang tinggi tanpa henti menerjang kapal tongkang yang kami tumpangi, memberikan efek naik turun persis seperti wahana kora-kora di dunia fantasi ancol.

memang cuaca tak bisa diduga, tapi kalau begini caranya kami urung sombong ingin ke karimun jawa. dua jam saja sudah luar biasa derita, apalagi harus enam-delapan jam. ditambah nahkoda kapal dengan wajah biasa-biasa saja, sambil mengangkat sebelah kaki plus mengutak atik ponsel, sementara kapal sudah miring kanan kiri dengan brutalnya. kabin penumpang sudah penuh dengan semerbak minyak oles penahan gejolak lambung. semua memang nyaris pasrah dan menyerah, termasuk saya. ini jauh lebih buruk dari perkiraan kami semua. sungguh minta ampun tersiksanya.

satu jam pertama

satu jam berikutnya

tapi alhamdulillah, akhirnya kami lulus melewati dua setengah jam perjalanan laut penuh derita. rasanya ketemu daratan tuh campur aduk, ya lega, ya lelah, ya laper, ya macem-macem lainnya. saya langsung mencari pak amsir, orang lokal yang jasanya saya pakai untuk mengorganisir liburan kali ini. dengan cepat kami diantar mengambil sepeda lalu bersepeda dari dermaga ke sebuah rumah pinggir pantai tempat kami menginap. makan siang sudah tersaji, bahagia banget rasanya meski tidak boleh lama, karna kami memburu waktu untuk snorkeling sebelum senja tiba.

*cheers!

rencana dan kejutan

Monday, October 10

sabtu pukul dua dini hari. setelah koordinasi kanan kiri selama beberapa hari sebelumnya, akhirnya kami berangkat berlibur menantang panasnya pantai tidung di kepulauan seribu, jakarta. kami adalah saya dan geng miyako plus plus yang terdiri dari tujuh makhluk unpredictable dengan tingkat kecerdasan diatas rata-rata. EXCITED! karena ini adalah liburan dengan jumlah personil terbanyak dan terlengkap yang pernah saya jalani. ceritanya setelah sowan sama jalan tol bandung-jakarta, kami langsung menuju kawasan cawang untuk sholat subuh sekaligus mengangkut duo berry dini, lalu lanjut menuju muara angke dengan bermodal gps.

muara angke adalah pelabuhan dengan predikat terburuk yang pernah saya lihat. buruk sekali sampai tidak ada yang bisa dibilang "lumayan" disana. puluhan preman, bau khas ikan, sampah, air muara yang berwarna hitam, kapal-kapal nelayan yang tidak layak jalan. di pelabuhan, kami bertemu mas enjen, pemuda lokal yang bertugas memandu kami menuju salah satu kapal tongkang yang akan mengantar menyeberang laut jakarta menuju pulau tidung. nama kapalnya raksasa, dengan awak yang cekatan, life jacket yang tersusun rapi dan siap dikenakan selama kurang lebih dua setengah jam pelayaran. kapasitas kapal tongkang sekitar seratus duapuluhan penumpang dengan fasilitas duduk lesehan sambil melipat kaki (baca : penuh sesak)

setelah melakukan prosedur syarat mengisi data manifest penumpang, akhirnya kami mulai meninggalkan angke sekitar pukul delapan pagi. tapi pelabuhan muara angke belum sepenuhnya hilang dari pandangan ketika satu speed boat berlogo kementrian mengikuti dari belakang lalu melakukan komunikasi dengan nahkoda dan awak dengan bahasa yang tidak saya mengerti sepenuhnya. tidak perlu menunggu lama, kapal dihentikan.. mesin kapal dipaksa mati, selanjutnya kapal tongkang kami harus bersandar di satu kapal besar milik polisi air setempat. feeling saya mulai gak enak, karena lebih dari setengah jam kami hanya terapung ditengah laut tanpa kepastian kapan bisa berangkat. 

sudah lama menunggu, mesin kapal dinyalakan. kami lega.. tapi ternyata kapal kami berputar. ya.. berputar seratus delapan puluh derajat. kapal kami kembali menuju pelabuhan muara angke dengan dikawal dua kapal polisi air. sampai pelabuhan muara angke, kami diturunkan, lalu kapal tongkang dibawa ke tanjung priok untuk melanjutkan proses hukum. sempurnanya lagi, kami diturunkan tanpa ada solusi dan kapal pengganti. $#%$%$^#*&!! ini pertama kalinya dalam liburan saya pengen banget ngajak berantem orang. sama sekali gak lucu, orang yang pengen saya damprat bukan pemilik dan awak kapal, melainkan oknum berseragam kementrian dengan tampang songong minta ditenggelemin ke muara. 

pertama, mereka itu aparat keamanan laut. oke sesuai prosedur, mereka benar, memproses kapal yang tidak punya kelengkapan berlayar. tapi apa iya ratusan penumpang didalamnya harus ikut merasakan masalahnya? kalau memang iya, apa mereka gak bisa kasih solusi dengan mencarikan kapal pengganti. kedua, kenapa mereka harus memeriksa kapal dengan tampang super ngeselin? emang dosa kalo sambil senyum ramah ke penumpang dan menjelaskan kenapa kapal yang kami tumpangi ditahan? jangan seolah kami ini ratusan tersangka yang siap dibui. ketiga, kalau emang mereka niat menjalankan tugas dengan baik, kenapa pemeriksaan kelengkapan gak dilakukan dari sebelum kapal berangkat? toh ketika kapal kami menaikkan jangkar, ada beberapa petugas berseragam juga yang ikut mengawasi. 

ah pokoknya mood kami berdelapan sukses diacak acak bahkan jauh sebelum kami sampai di tempat tujuan. bayangan snorkeling dan lari-lari girang dipantai mendadak buram nyaris diambang gagal. tapi.. percaya sama saya, semua kejadian buruk diluar rencana itu gak jadi kerasa kalau kita pergi dengan orang yang tepat. yes! sama tepatnya dengan saya yang pergi dengan miyako geng plus plus kali ini. semua tragedi diluar rencana itu langsung sirna dengan menyeduh mie, menyantap ketoprak dan cengar cengir bego dipinggir kali angke yang hitam. semua kejutan, segala yang diluar rencana, terjadi hanya atas ijin yang kuasa. kita bisa apa selain mencari sisi lain nikmatnya. itu salah satu seni berlibur dan berteman bukan? apapun yang terjadi, kami tetap senang dan pantang pulang!



*cheers!

ketemu (anak) mantan

Friday, October 7




si ganteng yang ada di gendongan saya ini namanya azmi. he looks so cute isn't it? saya aja gemes banget dan gak berhenti cium pipi bundarnya waktu bertemu kemarin. dan mari tebak tebakan dari judul postingan saya kali ini.. yap bener! azmi adalah anak pertamanya tebe, mantan pacar saya waktu jaman sekolah. lucunya lagi, kami ketemu dalam satu reuni. kami itu bukan saya dan mantan. tapi saya, azmi dan mita. mita adalah istri tercintanya tebe sekaligus teman sekelas waktu saya tingkat akhir di SMA dulu. why so serious? memang bagi sebagian orang, mantan dan kisah yang pernah terukir bersamanya itu seperti bagian hidup yang harus dihilangkan, tapi tidak buat saya.

mengingat mantan juga hal norak yang pernah saya lakukan di masa lalu itu lucu. akui sajalah, kalau dulu kita pernah tersipu malu karenanya. lalu apa yang harus ditakutkan? memposisikan mantan sebagai teman itu jauh lebih menyenangkan ketimbang terus-terusan menjadikannya bagian dari trauma masa lalu. buat saya, mantan pacar itu bagian dari tumbuh besar dan dewasanya kita.
 
  

*cheers!

satu sore yang sempurna

Thursday, October 6


kamu harus sedang sendiri untuk merasakan sempurnanya cinta yang kamu punya dan hidup yang sedang kamu nafasi. kamu yang bekerja, kamu yang sibuk luar biasa, kamu yang punya banyak teman bicara. kadang kamu harus duduk sendiri disatu sore ditengah keramaian.. sekedar nikmati pahit khas kopi lalu diam, untuk sadari ada berjuta keberuntungan yang kamu miliki, dan semua yang harus kamu syukuri.

pizza, irin dan madtari

Tuesday, October 4

saya termasuk orang yang addicted banget sama yang namanya keju. buat saya keju itu topping paling enak diantara para pesaingnya seperti potongan beef atau sosis. nah.. udah ngomongin topping, tau kan pasti arahnya kemana. pizza! yeaaah... satu-satunya alasan kenapa saya suka makan pizza adalah karna keju mozzarella'nya. ceritanya semalem saya lagi ngidam mahal. saya pengen banget keju. yang terlintas dikepala saya tadi malam cuma restoran spesialis pizza. tapi, saya gak punya sparring partner. gak lucu banget kalo dateng sendirian ke restoran memesan personal pan pizza tanpa teman bicara.

jadilah semalam sepulang kursus menjahit saya berkeliling bandung mencari teman yang bisa diajak duet keju. yaaa.. walaupun sebenernya udah nebak bakal pergi sama irin lagi irin lagi. hahaha.. irin adalah adik tingkat yang punya beda umur 5 tahun dengan saya. jauh banget ya, bahkan saya sebenernya gak pernah ngerasa jadi kakak tingkatnya, lah dia baru lucu-lucunya ospek saya udah asem-asemnya kerja. tapi ntah kenapa saya ngerasa nyambung sama irin. mungkin karna selain pintar irin juga polos.. level polosnya mendekati kebangetan sampe saya sering dibikin takjub. irin ini semacam produk asuransi jiwa. selalu ada dan siaga saat dibutuhkan. termasuk saat saya butuh teman duet keju seperti tadi malam :*

atas ide irin, alhamdulillah saya gak jadi ngabisin selembar uang merah saya untuk nongkrong di restoran pizza karena lokasi pesta keju jadi banting stir ke roti bakar madtari yang terkenal diseantero bandung. tempat yang satu ini memang sangat direkomendasikan untuk siapapun pecinta keju. murah, banyak dan buka 24 jam. itu kan tiga hal yang anak rantau banget. hahaha. madtari adalah tempat saya, iyay dan berry mengadu lambung setiap sehabis nonton midnight dulu. soal tempat, jangan ngarep sebuah tempat nongkrong cozy dengan pendingin ruangan yang bikin adem lahir batin. madtari sangat jauh dari kata nyaman, tapi ketika semangkuk penuh mie goreng keju tersaji, urusan nyaman itu jadi nomer sekian, yang penting makan :p


before and after

*thank you keju
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS