lebaran sekarang

Wednesday, August 3


foto ini diambil tahun kemarin, waktu lebaran hari pertama dirumah eyang. rumah eyang ada di surabaya yang juga sebagai kampung halaman bapak dan ibu. di kota inilah dulu bapak dan ibu tumbuh besar, disini juga keluarga besar bapak ibu dan para sepupu saya berdomisili. ceritanya dulu bapak dan ibu memutuskan untuk merantau sampai jauh ke sumatra, sampai sekarang. maka jadilah surabaya sebagai kota tujuan mudik kami sekeluarga. memang tidak setiap tahun, biasanya dua tiga tahun sekali kalau bapak dan ibu sudah kangen sama keluarga besar dan kampung halamanannya. tuh kan, jadi sebenarnya saya memang turunan jawa asli. hanya saja saya lahir, tumbuh dan besar di lampung. jadi darah jawa yang tersisa di saya memang hanya tertinggal di nama :p

cerita soal tradisi mudik, yang namanya mudik emang gak ada yang gak cape, pasti cape, tapi pasti seru juga. apalagi kalo mudiknya sangat menjiwai, pake bagasi diatap mobil dengan plat nomer mobil yang jauh-jauhan dan bodi mobil yang dekil-dekilan. makin jauh dan makin dekil, bakal keliatan makin gagah. kalo mudik ya nyebrang dan ngelewatin kota-kota panas di sepanjang sepulau jawa, istilah kerennya hot trip. sepanjang jalan mudik itu juga gak kalah serunya. saya sebagai si bungsu yang dulu masih gak punya skill apa-apa pasti kebagian tempat duduk di paling belakang yang paling berguncang, hahaha. sepanjang jalan sambil cerita ini itu sama seisi mobil, sambil merhatiin pemudik lain, sambil mampir sana sini beli oleh-oleh, sambil macet-macetan juga. saya sampe udah pernah ngalamin macem-macem mudik. mulai dari naik transportasi umum, mudik pake mobil kecil, sampe mudik pake mobil keluarga yang diisi full. seru deh.. seru banget.

tapi lebaran sekarang sepertinya kami semua gak mudik ke surabaya. insyaallah tahun ini lebarannya di lampung. soalnya gendis lagi lincah-lincahnya saya gak kebayang di mobil sepanjang 20an jam ada balita yang sedang berada di fase aktif, FYI aja yah.. mudik taun kemaren gendis selalu tertarik liat persneling dan selalu ngotot masukin benda itu kemulutnya. kebayang sekarang dia ada didelapan level lebih aktif dari taun kemaren. plus mbak sari hamil (lagi) dan usia kehamilannya masih muda jadi tiap hari kena semacam morning sick, dimana semua orang yang deket sama dia bisa kena omel sepanjang hari. hahaha... jadi demi kenyamanan bersama, akhirnya tahun ini kami sepakat untuk gak mudik dulu. eh tapi sebenernya, mau lebaran di surabaya atau di lampung, saya tetap akan selalu mudik. karna saya menetap di bandung dan jauh dari keluarga. hmmmmh.. walaupun ini masih H minus 20an.. walaupun lebaran masih jauuuuuh tapi semangat saya untuk ketemu macet dan ngantri di pelabuhan udah ada dari sekarang nih :)


*cheers!

3 comments:

  1. Road trip emang selalu asik ya? Btw, selamat mudik mbak. Hati2 selalu ya :))

    ReplyDelete
  2. lebaran itu bakal terasa lbh seru, kalau kita ngerasa punya kampung :D

    ReplyDelete
  3. met antri deh di pelabuhan....aku kangen euy ma pempek di sepanjang jl ms batubara...enak2...disini ga ada yg kayak gitu T_T

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS