al madinah al munawarah

3:57:00 pm

perkiraan saya yang baru pertama kali melancong keluar negeri adalah negara selain indonesia itu rapi, bersih dan tidak macet. ternyata saya salah, atau mungkin lebih tepatnya teori itu tidak berlaku untuk beberapa kota di arab saudi termasuk madinah. mungkin juga karna kota ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan dari berbagai negara, sehingga menjaga kebersihan kota menjadi salah satu permasalahan yang belum ada pemecahannya. penduduknya juga tidak ramah  seperti penduduk indonesia, kalau sekalinya ada yang berdagang dengan ramah beberapa detik kemudian pasti jadi senyum menggoda dan merendahkan. hhh.. arab saudi memang terkenal dengan  banyak laki-laki yang berprilaku kurang sopan terhadap perempuan. pokoknya kalau gak perlu-perlu amat, gak usah senyum deh. jadi kesimpulannya yang oke di negara ini cuma aspal , mobil mewah yang betaburan di jalan dan bahan bakar kualitas baik dengan harga murah meriah. lainnya? ahh.. indonesia sudah pasti lebih juara. 

tolong jangan underestimate sama sepatunya :p

di madinah juga akhirnya saya percaya kalau hampir semua pedagang di sekitar masjid nabawi fasih berbahasa indonesia. seperti sudah jadi bahasa kedua bagi mereka, karna konsumennya sebagian besar memang warga indonesia. cukup beralasan, di turki atau negara-negara timur tengah lainnya gak kenal istilah oleh-oleh, buah tangan atau cendera mata. kalau di indonesia? si A, si B, temen main, temen nongkrong, om, bibi, pakde, budhe.. semua harus kebagian, semua harus ikut senang. dan tips buat yang emang doyan belanja, belanjalah di madinah, karna jauh lebih murah di banding makkah, kotanya lebih rapi, lebih enak buat jalan-jalan, lebih adem dan pedagangnya menurut saya jauh lebih sopan.

terlepas dari keruwetan kota juga pedagang kaki lima yang memenuhi jalan dan juga lorong-lorong hotel, masjid nabawi di kota madinah adalah satu tempat yang luar biasa indah menurut saya. saya tidak bosan memandang langit-langit masjid, perpaduan warnanya, ukiran juga arsitekturnya yang megah. bahkan kubah-kubah masjid yang entah berukuran berapa meter itu bisa terbuka menampakkan langit kota di sore atau malam hari, payung-payung raksasa yang bisa membuka dan menutup di waktu tertentu dengan amat sempurna.. ac raksasa yang tertanam di setiap pilar dan lantai masjid, bikin suasana di dalam maupun diluar masjid adeeeemm banget. betaaahhhh.. saya sendiri gak tau pasti berapa pastinya masjid nabawi bisa menampung jamaah untuk beribadah, yang jelas banyaaaaaaakkk banget.

proses payung menutup, biasanya menjelang sholat magrib

masjid nabawi terkenal dengan askar (petugas masjid) yang tegas. baik askar perempuan atau laki-laki juga siaga 24 jam untuk menjaga kebersihan masjid. jadi itu yang namanya lantai masjid bener-bener cling bersih setiap saat. oiah, handphone apalagi kamera digital tidak boleh dibawa masuk ke dalam masjid dan kalau diperiksa trus ketauan, kita gak boleh sholat di dalem masjid. tapi mungkin karna jumlah askar yang terlalu sedikit dibanding jamaah masjid dan jumlah jamaah bandel yang nekat bawa kamera juga terlalu banyak, jelas ada saja yang lolos dari pemeriksaan dan bisa bebas mengambil gambar suasana di dalam maupun di luar masjid nabawi. langit tanpa awan yang menjadi latar belakang masjid membuat masjid nabawi dilihat dari sudut pandang manapun jadi makin luar biasa. tapi, gambar saja tidak bisa mewakili apa yang semua orang rasakan selama ada di masjid nabawi. rasa yang hanya bisa didapatkan ditempat itu dan  tidak bisa dibawa pulang. saya paling senang sama suasana sehabis subuh dan ashar di masjid nabawi, ntah kenapa tapi ngena dan dapet banget feel holy'nya :)

gerbang kesekian masjid nabawi


*cheers!

You Might Also Like

6 comments

  1. gendud bulat sudah pulang... ^ ^ #gajelas

    ReplyDelete
  2. @ bardjo : alhamdulillah, pas duha.. :D

    @ jimon : hai papa buntal..

    @ alinsay : sama-sama alin, salam kenal kembali :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak ajeng... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. angin yang kencang membuat foto kalau lagi pake abaya ga sekeren aslinya.. *bagian mata kaki terlihat kayak lagi pake celana aladin hehehehe

    ReplyDelete