sukses buat saya

Thursday, November 25

yang namanya ukuran sukses tiap orang itu memang beda-beda. ada yang bilang sukses itu diukur dari prestasi, sebagian berpendapat sukses itu materi sehingga yang lainnya (diperkirakan) akan ikut sukses dengan sendirinya.. ada juga yang mengukur sukses dari kedudukan, jabatan, gelar, pangkat, gaji, golongan *keracunan pns-isme*. ada yang bilang sukses itu keluarga, ada yang kolaborasi banyak hal sampai nyaris sempurna.. ya materi, ya jabatan, ya agama, ya keluarga dan erm, masih banyak banget ukuran sukses lainnya. semua sahsah aja menurut saya.

oke.. mari bercerita tentang kesuksesan versi saya dimulai dari ketika saya masih lugu dan bersahaja dengan seragam putih abu *ayee*. entah kenapa dari dulu saya memang gak pernah terobsesi untuk sukses di bidang akademik. sebenernya bukan karna gak punya cita cita jadi pinter, bukan juga karna minder.. alasannya karna saya gak punya alasan untuk jadi juara kelas. ibu sama babe gak pernah mewajibkan anak-anaknya untuk jadi nomer satu. ibu mengajarkan saya harmoni dan dinamika masa remaja. semua boleh asal seimbang. boleh nakal asal nilai baik, boleh bolos sekolah asal gak ketinggalan sholat, boleh aktif di organisasi asal tetep rajin mengaji. see? betapa beruntungnya saya..

waktu saya SMA, ketika teman teman saya mengejar prestasi akademik untuk bisa jebol PMDK (ujian masuk perguruan tinggi tanpa test) saya malah asik mengatur rute ekspedisi, mendaki puncak puncak tinggi demi bisa dapet slayer dewa, tanda saya sudah bergelar senior. lalu ketika banyak teman berlomba menjadi bagian dari organisasi terbaik di sekolah (PMR dan OSIS) saya malah ikut SWAPALA (siswa pecinta alam) yang akhirnya malah bikin saya sukses bolak balik dipanggil ke ruang wakasek, dijemur dilapangan karna rajin tawuran :D

kuliahpun sama.. beberapa teman mengejar angka cum laude, katanya biar keren kalo wisuda (karna si predikat cum laude bakal disebutin di depan banyak undangan) lalu beberapa berjuang mendapatkan beasiswa, yang menurut saya gak layak.. lah wong berkendaraan, berponsel bagus, hidup berkecukupan kok bisa dapet beasiswa.. kalau uangnya cair malah dibuat traktir temen-temennya maen bilyard. mending saya milih jalan lain, jadi mahasiswa sukses dengan jadi aktifis himpunan.. bikin kegiatan ini itu mulai dari yang legal seperti masa orientasi, seminar dan workshop.. sampe yang ilegal seperti malam keakraban (makrab) dengan ancaman drop out! kalo dipikir-pikir saya dulu memang nekat. jiwa aktifis saya membara dan bergelora sekali.. hahahaha *plak!*

tiba dimasa saya bergelar sarjana. hampir semua teman saya bekerja dengan penghasilan sebagai orientasinya. berjuang untuk bisa dapet gaji berkali lipat, standar gengsi lulusan baru lah.. belum sukses kalo belum dapet gaji dengan nominal diatas X rupiah atau bekerja di perusahaan Y International. saya malah dengan senang hati bekerja di pabrik cat lokal.. penghasilan mentok di kata cukup.. tapi saya bekerja dengan gembira sambil sesekali sukses ber-traveling. melakukan perjalanan kesana kemari mengunjungi berbagai tempat menemukan banyak hal seru yang benar benar baru.

sampai jadilah saya sekarang ini. si pengangguran yang juga sukses. sukses menjaga semangat tetap ada untuk terus dan terus melamar pekerjaan.. lagi dan lagi ikut ujian.. sabar dan lebih sabar nunggu pengumuman. karna sukses bukan cuma dilihat dari hasil akhir tapi juga dari rangkaian proses panjang berliku yang dilalui. sukses buat saya adalah apapun. apapun yang bisa saya lakukan dengan enjoy, gembira dan bertanggung jawab ;)



*cheers!

7 comments:

  1. hahaha..
    suka bacanya!

    sukses!

    sukses dgn gaya lo sendiri..
    itu lebih bagus..

    ReplyDelete
  2. sukses buat ajeng ;)
    dan kamu selalu sukses bikin saya kagum sama pemikiran kamu jeng ^^

    ReplyDelete
  3. Gw sampe sekarang malah ga tau tolak ukur sebuah kesuksesan itu apa..

    ReplyDelete
  4. @ nadya : toss!!

    @ bucil : aku jadi malu *salto ke kasur*

    @ andika : apapun, yang bikin lo merasa bahagia.. itu artinya lo sedang sukses :D

    ReplyDelete
  5. ;D
    setiap org definisi suksesnya beda2 yah. semangat buat org yg dah nemuin definisi suksesnya. ;)

    ReplyDelete
  6. gw rasa kamu sukses kok...
    *(ngomong sambil merem en dua jari tangan menyilang)*

    ReplyDelete
  7. sukses teh ajeng,,
    semoga berkah dan rahmatnya tercurah pada saya :D hahha

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS