macam macam soal (yang) macam macam

1:28:00 pm

sudah ada banyak sekali test saringan masuk pegawai yang saya ikuti sejak pertengahan tahun ini. mulai dari departemen, kementrian, badan, komisi atau lembaga independen yang ngurusin bidangnya masing-masing. karna ini adalah tahun pertama saya mencari peruntungan di dunia calon pegawai negeri sipil, tentu saja ini jadi pengalaman menarik. salah satu yang paling menarik adalah soal ujian saringan masuknya rata-rata pengetahuan umum yang sering kita anggap remeh, tapi pada kenyataannya sulit sekali.

bayangkan di beberapa kali ujian, saya menemukan macam macam soal (yang) macam macam, seperti :
1. berapa diameter uang koin Rp.50,-?
2. siapakah penemu radio?
3. berapa kali UUD'45 di amandemen?
4. penyebab terjadinya operasi gagak?
5. nama danau terdalam di dunia?
6. empat partai politik peraih suara terbanyak pada pemilu pertama?
7. alasan khusus pecahnya perang dunia I?

dan masih banyak soal yang WOW lainnya. soal-soal jaman kita masih pegang buku ilmu pengetahuan sosial terpadu. kalau mbah google tersedia di depan kita, pastilah si mbah tau jawabannya. tapi kalau yang ada di depan mata hanya alas papan, pensil 2B, penghapus karet dan kartu tanda ujian? saya yakin meskipun soalnya dipermudah dengan menampilkan beberapa pilihan, pasti banyak yang main tebak tembak untuk cari kesimpulan jawaban. hahahaha..

kalau saya ambil positifnya saja. setiap sudah selesai mengikuti test, sampai rumah mau gak mau saya cari tau jawaban yang benar, daripada seharian gak enak makan dan tidur karna penasaran :D akhirnya jadi banyak tau dan sedikit sedikit nambah ilmu. mungkin logikanya memang benar, kalau mau jadi abdi negara, memang harus banyak tau tentang sejarah indonesia dan dunia. walaupun pada kenyataannya sama sekali gak ada hubungan dengan jabatan dan pekerjaan yang akan kita jalani. mmm.. tapi saya belum menyerah dan masih tetap semangat, jadi.. habis baca tulisan ini, jangan lupa doain biar saya segera nyangkut di satu instansi yang terbaik untuk saya yah ;)


*cheers!

You Might Also Like

4 comments

  1. waw.. emang ujian cpns apa? Kementrian Macam-Macam kah??? :p

    ReplyDelete
  2. @ ageboi : apa aja dihajar.. yang ada formasinya di masukin, gak milih-milih, lah wong dihajar semua aja belum ada yang nyangkut.. apalagi kalo dipilih-pilih. hahahaha..

    ReplyDelete
  3. mendinga apply the amazing race asia deh jeng..siapa tau tembus hehehesev

    ReplyDelete
  4. hihihihihi baru tau ya...
    Jaman saya masuk aja ada pertanyaan, berapa perolehan suara Gus Dur atas Megawati pada pemilihan Presiden? untung aku liat siaran langsung pemilihan Presiden waktu itu... dan saya tau banget berapa jumlah suaranya.... hahahahaha

    Tapi yg penting gak ada pertanyaan, "apa judul lagu pada album ketiga Presiden SBY, sperti yg rame di tipi tempo bulan yg lalu...

    wkwkwkwk....

    ReplyDelete