mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat

Thursday, August 12

tidak ada tulisan "sent from.." di baris paling bawah tulisan blog saya kali ini. yap... kali ini saya memang posting langsung menggunakan web. saya sedang terapi. terapi blackberry addicted, suka atau tidak dengan berat hati saya mengakui saya kecanduan teknologi dalam genggaman itu. apalagi beberapa teman sudah mulai mempermasalahkan kecanduan saya. mereka biasanya menyindir dengan kalimat "duh.. autisnya" yang berarti saya sedang sibuk dengan gadget paling polpuler di indonesia itu, sekedar membalas pesan di layanan messenger atau membaca timeline di twitter yang rata-rata isinya kurang penting.

mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat. mungkin sindiran itu paling pas disematkan kepada si pemakai teknologi blackberry. selama punya blackberry dari awal bulan maret, saya belum pernah berhenti langganan layanan blackberry internet service, atau biasa disebut BIS. layanan internet yang memungkinkan blackberry terkoneksi ke internet dalam waktu 1x24 jam 7 hari nonstop. karna sudah biasa, jadilah saya punya perasaan tergantung sama layanan BIS, meskipun kadang dalam satu hari, belum tentu saya menerima satu email penting.

keputusan saya untuk berhenti sementara dari layanan BIS memang bukan suatu keputusan besar yang menyangkut kehidupan orang banyak. saya sekedar ingin menormalisasi kehidupan sehari-hari. paling tidak saya jadi punya hak untuk mengatur kapan waktunya bersowan dengan dunia maya dan kapan harus kembali sepenuhnya ke dunia nyata. teknologi memang mempermudah banyak hal, teknologi memungkinkan kita mengakses informasi kapanpun dimanapun. alih-alih memperpendek jarak, mempercepat rangkaian-aksi yang dulu dilakukan sampai berhari-hari, memudahkan menjalin silaturahmi, tapi jika salah fungsi, teknologi bisa jadi teknologi yang mempersempit dunia dalam arti yang sebenarnya.
















*cheers!

1 comment:

  1. yayaya...kita liat aja ntar updet status -->> bubar bareng anak *** di cafe xxx hahaha

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS