emansipasi cerita masa kini

5:52:00 pm

selamat hari kartini untuk semua perempuan indonesia!

dulu waktu saya duduk di bangku TK, hari ini adalah hari spesial yang bikin degdegan. soalnya saya pasti disanggul, pake kebaya, kain sempit dan susah payah jalan ikut karnaval. pake lipstik, biar cantik tapi cuman tahan 10 menit karna terlalu napsu makan bolu yang dikasih bu guru, dandan menor yang akhirnya sia-sia kelunturan keringet karna terlalu hyperaktif :p

jaman sekarang, saya emang gak pake kebaya lagi buat merayakan hari kartini, hampir gak ada ritual dan acara khusus untuk menyambut hari kartini. beraktifitas seperti biasa, kalo sempet ya nonton tv, acaranya jadi bagus-bagus.. setiap stasiun pasti menayangkan perempuan-perempuan hebat sebagai narasumber acara mereka. persamaannya cuman satu dari dulu sampe sekarang yang namanya hari kartini pasti akrab dengan kata emansipasi.

emansipasi menurut KBBI adalah persamaan hak di berbagai aspek kehidupan masyarakat (seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria) persamaan gender emang udah berjalan dimana-mana, termasuk di kantor saya hari ini.., mulai dari OB sampe tebe -partner kerja saya- mendadak gak ada yang bisa nyupir. saya yang jadi sopir. nyupirin mereka buat ritual ngambil sampah di bank BCA dan Mandiri. watdecat! sementara saya nyupir si tebe nyanyi mariah carey sepanjang jalan kaya gak ada dosa, dan marah-marah kalo saya ngebut. kalo saya protes dia bilang dengan santai 'emansipasi eceu.., inget hari kartini..' *kick!

oyah, tadi pas ngambil sampah di bank BCA, bapak petugas kebersihan bank'nya sampe heran dan nanya bolak-balik apa bener saya mau ngangkut sampah. sebener'nya si bapak cuman agak amaze sama fisik saya yang berwujud perempuan seksih *hahay*, berbehel dan berkacamata trus dengan PDnya ngangkatin sampah. si bapak yang gak tega akhirnya bantuin saya ngangkat-ngangkat sambil nanya 'neng, keren-keren kok jadi tukang sampah sih?' hahahahaha.. saya beneran ketawa sambil nanya balik 'emang saya keren yah pak?' trus si bapak'nya bilang lagi 'keren neng, kaya mahasiswa.. mending jadi karyawan bank aja.. ngelamar disini neng..' saya senyum geli, si bapak makin heran. sebenernya saya pengen jelasin soal emansipasi sama si bapak mumpung bertepatan dengan hari kartini, tapi saya yakin ceritanya bakal panjang.., jadi deh saya cuman senyum aja.. mudah-mudahan suatu saat si bapak ngerti bahwa yang miskin, yang keren, yang tua, muda, perempuan, laki-laki, punya hak untuk bekerja jadi apa saja sesuai keinginan mereka... :)


*cheers!
Sent from my BlackBerry® smartphone

You Might Also Like

5 comments

  1. hahahah c bapak2 nya kayanya ngomongnya sambil pasang muka tanpa dosa gt.. (ngebayangin sambil ngakak)

    ReplyDelete
  2. neng meuni keren ihh..hahaha,,

    ReplyDelete