yogyakarta (lagi)

10:54:00 am

kalo ada yang tanya apa hobby saya. maka dengan lantang saya akan menjawab "matahin kacamata dan jalan-jalan.." hahaha.. ntah kenapa hobby saya yang pertama itu tiba-tiba melekat sebagai sesuatu yang ajeng banget. Dalam tiga bulan terakhir ini saja.. saya sudah mematahkan 2 kacamata saya sendiri, yang mengakibatkan hari ini saya bekerja dan menjadi aktivis dunia maya tanpa menggunakan kacamata, membuat tulisan dan gambar yang saya lihat menjadi berbayang dan tak beraturan.

oke. soal hobby saya yang ke-dua.. sebagai karyawan swasta dengan segudang cicilan, menabung untuk biaya liburan merupakan pengorbanan tersendiri, disamping berjuang mencari waktu yang pas untuk mengambil cuti. saya musti ekstra senyum-senyum menghadapi sang manager demi tandatangan surat ijin meninggalkan pekerjaan sebagai bukti beliau menyetujui saya mangkir :p

jalan-jalan yang menjadi hobby saya adalah jalan-jalan dalam artian saya hobby travelling.t api sepertinya hampir semua orang punya hobby yang sama dengan saya. siapa sih yang gak suka liburan, semua orang pasti suka liburan. main ke tempat-tempat yang tidak biasa, walaupun harus merogoh kocek tapi bisa membantu melepaskan ion-ion stress yang rajin menghinggapi orang-orang berstatus karyawan.

awal bulan kemarin saya memutuskan untuk pergi ke jogja. kota segudang cerita. kalau kita googling dengan "liburan di yogyakarta" sebagai keyword'nya. niscaya ribuan link website ditunjukkan oleh si mesin pencari tersebut. ribuan alternatif disodorkan, mau liburan ala backpacker dengan budget tipis, seperti saya. atau liburan ala bule tajir dengan hotel berbintang banyak sebagai penginapannya.

ini bukan untuk yang pertama kalinya saya pergi ke jogja. dulu ketika saya masih jadi mahasiswa, saya cukup sering pergi ke kota itu. liburan dua-tiga hari, rafting atau sekedar tau tempat ngopi dengan suasana asik dan harga miring. beruntung karna saya punya sahabat SMA yang melanjutkan studi'nya di yogyakarta, artinya saya punya tempat penginapan dan guide yang bisa dibayar hanya dengan sekotak brownies kukus khas kota bandung.

setiap liburan punya keunikan dan cerita seru tersendiri. meskipun di tempat yang itu-itu lagi. begitu juga dengan saya. saya tidak pernah bosan ke yogyakarta karna kali ini saya diajak oleh teman saya ke pinggiran samudra hindia, pantai parangtritis. menikmati sunset di garis cakrawala, deburan ombak, pasir hitam dan tentunya memuaskan nafsu kuliner saya dengan menyantap seafood :) sambil duduk di kapal para nelayan yang bersandar di tepi pantai, terpaksa tidak melaut karna cuaca buruk, menikmati angin pantai yang lengket dan anak-anak nelayan hitam legam berlarian kesana-kemari menghindari ibunya yang memanggil sambil memegang sepiring nasi dengan menu sederhana. how a beautiful moment.

satu lagi tempat luar biasa yang saya temui, membuat saya merasa jadi rianti cartwright yang sedang syuting film ayat-ayat cinta. hahaha.. tempatnya berupa gunungan pasir-pasir hitam yang katanya sudah ada dari jaman purbakala dan tidak pernah habis meskipun ribuan tahun tertiup dan tergulung angin.

akhirnya yang bisa saya katakan, pasti ada pelajaran yang bisa jadi bekal hidup dalam setiap perjalanan yang kita lakukan. seperti yang pernah nuran wibisono katakan dalam cerita perjalanannya dari pulau jawa hingga flores "Dunia adalah sekolah terbaik dan backpacking adalah matapelajaran paling menyenangkan" howgh!




You Might Also Like

4 comments

  1. ajeng... kayaknya asikk banget tuh yah liburannya... saia liad juga posting foto di fb... mantaaps..... budget brp nih backpacking nya :D

    ReplyDelete
  2. @ bucil : dikit ajah. namanya juga backpacking.. modal nekat dan tidak tau diri. nginep di kontrakan temen, ngacak-ngacak, ngerepotin minta anter sana-sini, minta poto di setiap sudut kota, hahahaha.. kesian temen saya itu.

    ReplyDelete
  3. saya pernah ke jogja waktu tahun baru 2003. memang banyak tempat seru di sana dan saya juga merasakan ada kesan mistisnya :)

    nice blog, salam kenal

    ReplyDelete
  4. makasih kak.
    trus kapan rencananya ke jogja lagi..?
    ayo kak.. hidup travelling!! :p

    ReplyDelete