rotaract greenbag campaign

11:38:00 pm

hari minggu kemarin saya melakukan aktivitas yang tidak biasa. kalo biasanya hari minggu saya leyeh-leyeh dirumah dengan pasrah diracuni kartun spongebob dan doraemon.. minggu ini saya bergabung dengan beberapa komunitas lingkungan dalam satu event. walhi, YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi), Bandung Heritage, FIMA (Forum Ikatan Mahasiswa Arsitek), Komunitas Taman Kota, WEG, Rotaract Club Bandung Area *pastinya* dan beberapa komunitas lain yang saya lupa namanya. karna ini event gabungan. jadi tiap komunitas punya acara masing-masing, mulai dari yang pameran, workshop sampe yang ngerayain ulangtahun juga ada. seneng deh kalo udah kumpul-kumpul banyak komunitas gini. jadi banyak kenal orang baru.. dan bisa tau banyak hal yang tadinya kita gak tau atau gak peduli, jadi ngerti dan mulai mengenali..

kalo rotaract sendiri acaranya adalah greenbag campaign. bagi-bagi tas ramah lingkungan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik. lucunya tuh, kita bagi-bagi itu kan sambil survey tanggapan masyarakat terhadap penggunaan kantong plastik. walaupun target kita adalah semua lapisan masyarakat, tapi yang paling banyak ke-gap bawa kantong plastik ya ibu-ibu. isi kantong plastiknya mulai dari pisang 2 sisir, piring, gorengan sampe daleman.. kumplit. *hihihi* trus ya akhirnya yang kita wawancara kebanyakan para ibu, yang sebenarnya sadar akan bahaya kantong plastik tapi juga gak bisa lepas dari penggunaan kantong plastik karna praktis. sayapun terkadang masih begitu. tapi saya tetap berusaha untuk mengurangi penggunaan kantong plastik doong.. gak begitu susah buat saya. karna dari dulu saya sukaaa banget make tas yang gede. alias, tas segala muat. mulai dari jaket, beauty case, pencil case, dompet, HP dan aksesorisnya, novel, tempat minum, anduk kecil, tempat makan, semuanya tumplek blek jadi satu di tas canvas panda saya tercinta. yang otomatis mengurangi penggunaan kantong plastik. jadi ceritanya kampanye anti plastik dimulai dari diri sendiri *keren yah.. ahahahahaha.. narsisnya*


walopun kemaren kampanyenya disambi photo-photo, makanin klepon, donat, jajan cilok, batagor dan mampir ke garage sale *ini kampanye apa arisan?* tapi mudah-mudahan pesan yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat untuk mulai mengurangi sampah plastik, salah satunya ya greenbag'nya dipake lagi buat belanja ya bu.. jangan cuma dipajang aja. mentang-mentang dikasihnya sama kita.. (anak-anak muda lucu nan menggemaskan yang peduli lingkungan) trus dipajang di ruang tamu jadi kenang-kenangan. hahahaha.. jangan ya bu. dari pada dipajang, mending buat wadah al-quran kalo mau ke pengajian *looohh? hihihi..*

saya emang bukan termasuk orang yang jago orasi atau kampanye. tapi, saya yakin. kalian semua pasti tau bahaya yang bisa dihasilkan oleh sampah plastik kan.. jadi dimulai dari diri sendiri.. kurangi penggunaan sampah plastik ya?


*cheers!

You Might Also Like

2 comments

  1. kumpulan ibu-ibu dan bapak-bapak PKK pecinta lingkungan hidup..

    salam dari bapak2 ketua arisan PKK jakarta

    ReplyDelete
  2. Waww ajeng aktipis euy! Gilang dukung ajeng! Go green indonesia! Btw,jajan cilok masi pake plastik kan? Hoho

    ReplyDelete