ketika semua jadi satu

Sunday, December 21

hari ini saia baru aja ketemu sama beberapa keluarga dari babe. seneng deh.. karna baik keluarga dari ibu ataupun babe. semuanya keluarga yang sama besar. jadi walopun tadi saia bilang beberapa. tetep aja jumlahnya gak sedikit. kalo pas lagi ngumpul tuh.. rameeeee banget.. mulai dari eyang kakung-eyang putri, oma-opa, mbah, kakek-nenek, om-tante, sepupu, keponakan. semua jadi satu.

yang khas di keluarga saia. kalo lagi ada acara gitu, masing-masing keluarga bawa makanan khas buatannya sendiri. kaya tante tuti yang bawa puding coklat dengan rasa luar biasa tak tertandingi.. ada yang bawa gule kambing satu panci.. atau sop kaki sapi yang luar biasa maknyus. sukses membuat saia gelap mata. saia khilaf.

trus sambil makan biasanya kita semua ngerumpi. membentuk koloni sendiri-sendiri.. kalo bosen dan pengen ganti topik tinggal pindah kelompok. persis kaya outbond. kalo tadi saia ikut sama nenek, tante tuti dan tante ima.. yang sibuk itung-itungan harga sewa bus buat berangkat ke lampung untuk dateng ke acara nikahan mbak sari nanti.

nenek : loh kok jadinya pake bus? disewa gitu? kan jadinya lebih mahal atuh..
tante ima : iya nek.. biar enak.. bareng-bareng.. kalo mahal mah nanti kita cari sponsor partai politik aja nek..
nenek : bener juga yah *termakan rayuan tante ima

maigot. ni pada mau demo apa mau dateng ke resepsi nikahan?

nenek : berangkatnya kapan?
tante ima : kamis malem..
tante tuti : emang pengajiannya kapan?

*semuanya nengok ke ajeng yang lagi konsentrasi liat meja makan

ajeng : hah? aduh.. hehe.. aku gak tau..
tante ima : kita gak usah ikut pengajian aja.. kalo terlalu lama
nenek : kalo siramannya kapan?

*semuanya nengok lagi ke ajeng

ajeng : gak tau.. beneran deh..
nenek : kamu tuh.. yang mau nikah tu mbakmu.. kok jadwal siraman aja kamu gak tau.. *sambil dicubit
ajeng : hehe..aduhh.. sakitt..

trus yah.. sepanjang makan siang itu mereka ngomongin soal bus dan sponsor partai politik. saia berharap dengan sangat, tante ima bercanda soal sponsor partai politik ituh. kebayang gak sih.. kalo tiba-tiba didepan rumah saia ada satu bus PDI perjuangan?? lengkap dengan spanduk dan bendera.. trus didalem bus itu isinya eyang-eyang, oma-opa yang pas turun dari bus teriak-teriak "tegakkan keadilaaaan!! merdekaaaaaa atau matiii!!!" *dan saiapun pingsan..

trus... om yayud adik bungsu babe tiba-tiba nongol membuyarkan semua lamunan gila saia soal sponsor partai politik.
om yayud : jeng, liburan yuk..
ajeng : hayu oomm.. lombok yah lombok!
om yayud : bandung aja..
ajeng : *DOEENG!! itu sih akunya gak liburan om..
om yayud : barbeque aja.. taun baru di rumah bandung.. nanti alatnya pinjem sama om bowo..
ajeng : *tragis. ini sih judulnya liburan di rumah saia, ini sama sekali gak adil buat saia!! ~nangis

begitulah. selalu ada tawa di setiap acara keluarga. seneng banget bisa kumpul bareng, walopun kita semua beda generasi.. tapi ada benang merah yang menyatukan setiap canda kami.

oiah.. begitu sampe bandung. saia tepar. kepala saia pusing kebanyakan makan yang enggak-enggak tadi siang. saia tiduran di kursi. kakek lagi autis di dapur. trus si nenek bilang "kek.. bikinin kopi buat nenek sekalian.." trus gak berapa lama kakek keluar dari dapur sambil ngaduk teh..

nenek : ehh..si kakek mah.. nenek pan minta buatin kopi..
kakek : kumaha uing we atuhh.. *ketawa puas
ajeng : nih.. nek.. buat mukul kakek.. *sambil nawarin buku tts yang udah digulung..


_keluargaPenuhWarna_

1 comment:

  1. Keluarga kak ajeng asyik yah. . .
    Lucu". . .
    Kak ajeng masih puna kakek-nenek, jd ngiri. . . .
    Klo keluarga Qieqie dri mama klo ngumpul isinya ktwa melulu. . .(bc: keluarga abnormal)
    klo keluarga papa, isinya makan ati trus, bt. . .

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS